Tanggal 12 Juni Memperingati Hari Apa Saja? Ada Momen Penting Nasional dan Internasional

Tanggal 12 Juni Memperingati Hari Apa Saja? Ada Momen Penting Nasional dan Internasional

Ilustrasi kalender Juni 2024.--Pinterest.com/@pngtree

Pada tahun 1898, terjadi perang antara Spanyol dengan Amerika Serikat (AS) untuk memperebutkan wilayah Filipina. Armada AS berhasil mengalahkan Spanyol di Teluk manila pada 30 April 1898.

Memanfaatkan kesempatan ini, kaum revolusioner Filipina mengepung Kota Manila. Emilio Aguinaldo selaku pemimpin revolusi kemudian mendeklarasikan kemerdekaan rakyat Filipina pada 12 Juni 1898.  

Hari Demokrasi di Nigeria

Masyarakat Nigeria pernah mengalami matinya demokrasi akibat pemerintahan yang tidak adil. Pada 12 Juni 1993, Nigeria mengadakan pemilihan presiden untuk pertama kalinya sejak kudeta militer tahun 1983.

Sebanyak 14 juta warga Nigeria menerjang cuaca buruk dengan optimis pada hari itu untuk memilih presiden baru karena sudah lama mereka menantikan berakhirnya kediktatoran militer.

Akan tetapi, hasil pemilu tahun itu tidak pernah dirilis. Kepala negara militer, Jenderal Ibrahim Babangida membatalkan hasil pemilu tersebut dengan alasan untuk menyelamatkan bangsa.

Namun berdasarkan perhitungan tidak resmi, dukungan terbesar warga Nigeria mengarah kepada Moshood Kashimawo Ilawale Abiola yang merupakan Ketua Partai Demokratik Sosial.

Akibat peristiwa tersebut, krisis nasional terjadi selama satu dekade di Nigeria. Meski begitu, dirusaknya hasil pemilu tersebut membuat masyarakat Nigeria semakin bersatu untuk memulihkan demokrasi

. Protes masyarakat sipil pun meletus di negara ini. Protes ini pun berubah menjadi kekerasan yang menewaskan setidaknya 100 orang. Kekacauan tersebut juga membuat sosok Abiola sempat ditahan dan meninggal dalam keadaan misterius di dalam penjara.

Protes-protes tersebut terus berlanjut selama bertahun-tahun setiap pemilu dilaksanakan sampai pada akhirnya mereka mendapatkan kebebasan demokrasi yang diinginkan. Kemudian pada tahun 2018, Presiden Nigeria terpilih yakni Muhammaddu Buhari menetapkan 12 Juni sebagai Hari Demokrasi Nasional.

Hari Rusia

Hari Rusia oleh sebagian orang disebut sebagai Hari Kemerdekaan Rusia. Hari ini memperingati disintegrasi UNI Soviet dengan persetujuan yang sah dari Deklarasi Kedaulatan Negara.

Pada hari ini oleh banyak orang Rusia dianggap sebagai simbol modernisasi negara. Karena itu setiap tanggal 12 Juni di Rusia ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional. Jika hari itu jatuh pada akhir pekan, maka biasanya diumumkan hari libur pada weekdays sebagai gantinya.

Hari Perdamaian Kosovo

Bagi warga negara Kosovo, tanggal 12 Juni adalah Hari Perdamaian Nasional. Ini adalah hari ketika gencatan senjata dalam Perang Kosovo dirundingkan pada tahun 1999 oleh PBB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: