Tips Merawat Mobil Listrik yang Mudah

Tips Merawat Mobil Listrik yang Mudah

--

Meski sudah tidak memiliki mesin, mobil listrik juga memiliki radiator yang berfungsi mendinginkan kerja baterai dan motor listrik. Untuk itu coolant (air radiator) yang ada di dalamnya juga juga perlu diganti.

5.Lakukan Perawatan Baterai dengan Maksimal

Baterai mobil listrik adalah kunci dari performa dan umur kendaraan ini. Umumnya, baterai ini akan memiliki umur selama kurang lebih 12 sampai 15 tahun apabila kamu pakai di wilayah dengan iklim yang sedang. 

Akan tetapi, usia ini bisa berkurang jadi 8 sampai 12 tahun kalau mobil kamu gunakan di wilayah dengan iklim yang ekstrim. 

BACA JUGA:Gaya Elit Ekonomi Sulit! Berikut Urutan Zodiak yang Memiliki Gaya Hidup Hedon Apapun Kondisinya

Usia ini bisa bertahan asalkan kamu bisa merawat kesehatan baterai dengan cara berikut: 

- Jangan Selalu Menggunakan Fast Charging 

Metode fast charging memang sangat menggiurkan karena bisa mengisi daya baterai dengan cepat. Akan tetapi, sebenarnya metode ini bisa merusak usia dan kesehatan sel baterai. 

Opsi yang lebih baik adalah menggunakan metode pengisian daya lambat atau slow charging. Karena meski memakan waktu yang lebih lama, tapi usia dan kesehatan sel baterai bisa jauh lebih awet dengan metode ini. 

- Sebisa Mungkin Hindarkan Baterai dari Suhu yang Ekstrim 

Suhu yang terlalu ekstrim baik itu dingin atau panas bisa berpotensi merusak baterai. Di dalam baterai umumnya sudah terdapat teknologi khusus berupa pemanas atau pendingin tambahan untuk menjaga kesehatan baterai. 

BACA JUGA:Panen Perdana Budidaya Udang Vaname, Dompet Dhuafa Hasilkan hingga 50 Kg

Sebagai pengguna electric car, kamu bisa semakin melindungi usia baterai dengan cara mencari tempat parkir yang tidak terlalu panas. Misalnya, di luar gedung yang memiliki atap atau basement. 

- Buat Jadwal untuk Mengisi Baterai 

Cara perawatan baterai mobil listrik selanjutnya adalah dengan membuat jadwal pengisian baterai yang rutin. Perlu kamu pahami bahwa tidak perlu mengisi baterai setiap hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: