5 Doa saat Melakukan Perjalanan Jauh Agar Selamat Sampai Tujuan, Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

5 Doa saat Melakukan Perjalanan Jauh Agar Selamat Sampai Tujuan, Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Panjatkan Doa Sebelum Melakukan Perjalanan, Ini yang Dianjurkan Rasulullah SAW--Foto: unsplash.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Doa perjalanan jauh adalah bentuk ibadah yang dianjurkan dalam Islam untuk meminta kemudahan dan keselamatan selama perjalanan. Dalam Islam, perjalanan jauh dianggap bisa menimbulkan bahaya dan kesulitan, jadi umat Islam dianjurkan untuk memohon bantuan Allah dengan membaca Doa khusus. 

Doa ini mengandung permohonan agar diberi kemudahan dan perlindungan, serta pengakuan bahwa segala sesuatu bergantung pada kehendak Allah. Tanpa kehendak dan izin-Nya, usaha manusia akan sia-sia.

Ada beberapa doa yang bisa dibaca saat melakukan perjalanan jauh. Berikut ini adalah beberapa doa yang dianjurkan:

1. Doa berdasarkan ajaran Nabi Muhammad saw.

اَللَّهُمَّ بِكَ أَسْتَعِيْنُ، وَعَلَيْكَ أَتَوَكَّلُ، اَللَّهُمَّ ذَلِّلْ لِي صُعُوْبَةَ أَمْرِيْ، وَسَهِّلْ عَلَيَّ مَشَقَّةَ سَفَرِيْ، وَارْزُقْنِيْ مِنَ الخَيْرِ أَكْثَرَ مِمَّا أَطْلُبُ، وَاصْرِفْ عَنِّي كُلَّ شَرٍّ، رَبِّ اشْرَحْ لِيِ صَدْرِيْ، وَيَسِّرْ لِيْ أَمْرِيْ

"Allāhumma bika asta‘īnu, wa ‘alaika atawakkalu. Allāhumma żallil lī ṣu‘ūbata amrī, wa sahhil ‘alayya masyaqqata safarī, warzuqnī minal khairi mim mā aṭlubu, waṣrif ‘annī kulla ṣyarr, rabbiṣraḥlī ṣadrī wa yassir lī amrī."

BACA JUGA:

Artinya: "Ya Allah, kepada-Mu aku memohon pertolongan dan kepada-Mu aku berpasrah. Ya Allah, ringankan kesulitan pada urusanku, mudahkanlah kendala perjalananku, karuniakanlah kebaikan bagiku melebihi apa yang kuminta, palingkanlah segala keburukan dariku. Tuhanku, lapangkanlah hatiku dan mudahkanlah urusanku."

2. Doa lainnya untuk perjalanan jauh

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

"Allahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allahumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli."

Artinya: "Ya Allah, mudahkanlah kami bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga."

3. Doa perjalanan jauh saat menaiki kendaraan

اَلْحَمْدُ للهِ، سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلبُونَ

"Alhamdulillah subhanalladzi sakhkhoro lana hadza wa ma kunna lahu muqrinina wa inna ila rabbina lamunqalibun."

Artinya: "Segala puji bagi Allah, Maha Suci Allah yang telah menundukkan semua (kendaraan) ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya hanya kepada Tuhan kamilah kami akan kembali."

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: