Trending di Sosial Media All Eyes On Raffah Dibagikan Hingga 40 Juta Kali, Apa Artinya?

Trending di Sosial Media All Eyes On Raffah Dibagikan Hingga 40 Juta Kali, Apa Artinya?

All Eyes On Raffah sedang trending di sosial media sebagai bentuk ajakan masyarakat dunia perduli terhadap nasib warga Palestina di kota Raffah-Tangakapanlayar-Instagram

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Trending di sosial media gambar bertuliskan "All eyes On Raffah", hingga dibagikan mencapai 40 juta kali oleh pengguna Instagram. Lantas apa arti dan tujuannya?

All Eyes On Raffah secara arti adalah semua mata tertuju pada Raffah, seruan ini banyak dibagikan oleh pengguna akun Instagram yang disebutkan sebagai cara memprotes invasi Israel ke kota Raffah di Gaza.

Tren dan gambar tersebut dihasilkan melalui artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Masyarakat dunia mengecam aksi serangan Israel ke Kota Raffah hingga mengakibatkan puluhan orang tewas, termasuk anak-anak dan juga Wanita.

Lantas darimana asal-usul seruan All Eyes On Raffah? berikut jawabannya.

BACA JUGA:Kejam! Warga Israel Injak-injak Kardus Indomie untuk Bantuan Warga Palestina di Gaza

BACA JUGA:Hizbullah Luncurkan 60 Roket Katyusha ke Posisi Militer Tel Aviv sebagai Respon Serangan Udara Israel

Megutip dari Forbes, tren All Eyes On Raffah diduga berasal dari seruan Rick Peeperkorn, di mana ia adalah Direktur dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang bertugas di wilayah Palestina.

Seruan pertama ini terjadi pada bulan Februari 2024 lalu, Rick mengatakan All Eyes On Raffah beberapa hari setelah perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memerintahkan rencana evakuasi di Rafah.

Netanyahu kala itu menyebut Rafah merupakan satu-satunya area yang masih menjadi kekuatan grup militan Hamas.

Seruan All Eyes On Raffah ini bermaksud mengajak seluruh masyarakat dunia agar tidak acuh terhadap genosida yang terjadi di kota Gaza.

Bahkan seluruh dunia diminta untuk mewaspadai dan memantau perkembangan di kota Raffah, di mana yang menjadi tempat pengungsian dan perlindungan jutaan penduduk warga Gaza.

Seruan ini menjadi viral dan trending di social media usai berbagai organisasi dan kelompok mulai ikut serta menyebarkannya, seperti Save the Children, Oxfam, American for Justice in Palestine Action, Jewish Voice for Peace, dan Palestine Solidarity Campaign yang membagikan seruan All Eyes On Raffah hingga mengundang Gerakan yang lebih besar.

Ditambah salah satu video yang trending di TikTok usai diunggah oleh penyanyi pop berdarah Amerika-Palestina, Zach Matari. Ia mengunggah slogan tersebut di akun TikTok-nya dan menghimpun jutaan view.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: