6 Cara Perbaiki Bumper Penyok Tanpa ke Bengkel, Bisa Irit Ongkos

6 Cara Perbaiki Bumper Penyok Tanpa ke Bengkel, Bisa Irit Ongkos

Ilustrasi: Trik untuk memperbaiki bumper mobil yang penyok akibat benturan tanpa harus ke bengkel resparasi.--Pinterest

Salah satu cara memperbaiki bumper penyok yaitu menggunakan alat heater gun pada suhu panas sekitar 150 derajat Celcius. Supaya tampilan permukaan bumper lebih halus, tips ini sebaiknya dilakukan bersamaan dengan body on dolly.

3. Gunakan palu karet

Tak ketinggalan, perbaiki bumper penyok menggunakan palu karet. Caranya, ketuk bagian bumper mobil yang penyok dengan hati-hati hingga kembali ke posisi asalnya. 

BACA JUGA:Ketahui Tanda dan Penyebab Rack Steer Mobil Rusak, Jangan Dibiarkan Bisa Merembet

BACA JUGA:Jangan Asal Beli! Begini Cara Pilih Ban yang Pas Buat Mobil Listrik

4. Panaskan dengan hair dryer

Tak hanya menggunakan air panas, bumper penyok juga bisa diperbaiki dengan hair dryer. Konsepnya sama dengan air panas di mana suhu tinggi yang dikeluarkan dapat melunakkan plastik fiber. Bila material sudah panas dan agak meleleh, dorong dengan perlahan agar kembali ke bentuk semula.

5. Coba lempengan pelat

Bumper mobil yang penyok juga bisa diatasi dengan menggunakan lempengan pelat yang tidak terlalu tebal agar mudah dibentuk. Setelah dipanaskan, pelat ini nantinya dijadikan tambalan yang ditambahkan di bagian dalam bumper mobil. 

6. Dry Ice

Dry ice juga bisa digunakan untuk menghilangkan penyok pada mobil, caranya pun terbilang sangat praktis. Cukup gosokkan dry ice pada bagian kendaraan yang penyok, maka bodi mobil bisa kembali seperti semula. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan saat melakukan cara ini, karena dry ice bisa merusak permukaan kulit dan menimbulkan iritasi saat disentuh secara langsung, jadi tetap berhati-hati saat menggunakannya. 

Itulah cara memperbaiki bumper penyok karena benturan dengan cara sendiri. Namun mendapatkan hasil perbaikan yang optimal, kalian bisa membawa mobil ke bengkel resparasi. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: