10 Kuliner Legendaris Khas Boyolali yang Rasanya Memukau Lidah dan Menggoda Selera!

10 Kuliner Legendaris Khas Boyolali yang Rasanya Memukau Lidah dan Menggoda Selera!

Kuliner khas Boyolali.-Foto: Instagram.com/BerbagaiSumber-

Soto Seger Boyolali merupakan sajian khas dari daerah Boyolali. Hidangan ini terkenal dengan kelezatan kuahnya yang segar dan cita rasa yang unik.

Kuah sotonya diolah dengan rempah-rempah pilihan, sehingga menciptakan cita rasa yang khas dan memanjakan lidah. Di dalam makanan khas Boyolali tersebut terdapat potongan daging ayam yang lembut, irisan ketupat, bihun, dan sayuran segar seperti tauge dan daun seledri.

Kelezatan soto seger Boyolali tidak hanya terletak pada rasa, tetapi juga pada kehangatan dan kesegarannya yang cocok dinikmati kapan saja, terutama di pagi atau siang hari. Kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai warung soto ini di sepanjang Boyolali.

Sate Kere

Selain Yogyakarta, Boyolali juga punya sate kere. Harganya yang murah tentu jadi alasan utama populernya kuliner satu ini. Per tusuk dibanderol cuma Rp1.000 saja.Sate kere biasanya terbuat dari tempe gambus atau jeroan sapi. Bumbunya mirip sate pada umumnya, pakai bumbu kacang atau sambal kecap.

Tahu Susu 

Makanan khas Boyolali selanjutnya yang bisa Anda coba adalah tahu susu. Sesuai dengan namanya, tahu susu dibuat dari kedelai yang dicampur dengan susu putih dari sapi perah.

Perpaduan tahu dan susu menyajikan cita rasa gurih yang enak dan aroma susu yang kental. Struktur tahu susu juga lebih lembut dibanding dengan tahu kedelai biasa.

Struktur tahu susu juga lebih lembut dibanding dengan tahu kedelai bisa. Karena tambahan susu pula, membuat makanan khas Boyolali ini kaya akan protein. 

Abon Lele

Boyolali juga termasuk pemasok lele yang besar. maka dari itu lele dimodif menjadi olahan yang lebih produktif. Salah satu kampung penghasil lele adalah Kecamatan Sawit.

Di sana banyak home industry yang mengolah lele menjadi makanan khas Boyolali berupa abon lele. Ada juga yang diolah menjadi keripik. Tentu rasanya gurih dan nikmat sebagai lauk makan bersama nasi hangat. Nah, kalau sudah bosan dengan abon daging sapi, bisa mencoba memakan abon lele.

Marning

Marning, camilan ringan dari olahan jagung, menjadi pilihan populer di Boyolali. Tersedia dalam berbagai varian rasa seperti original, pedas, balado, dan keju, marning tidak hanya menggoyang lidah tetapi juga memberikan pengalaman rasa yang beragam.

Dodol Susu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: