Waspada Beli Emas ANTAM! 2010-2022, 109 Ton terbukti Palsu dengan Tersangka Orang Dalam

Waspada Beli Emas ANTAM! 2010-2022, 109 Ton terbukti Palsu dengan Tersangka Orang Dalam

Sebagai salah satu instrumen investasi paling anti ribet pemalsuan emas ANTAM nyatanya membuat banyak masyarakat khawatir. Lantas abagaimana cara cek keaslian emas secara mandiri?--

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Enam mantan General Manager Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia (UBPP LM) PT Antam diduga memalsukan emas merek Antam.

Tak tanggung-tanggung, jumlah emas yang dipalsukan jumlahnya mencapai 109 ton.

Pemalsuan emas Antam ini dilakukan selama 12 tahun oleh para terduga pelaku, terhitung mulai 2010 hingga 2022.

Dalam menjalankan aksinya, modus pelaku yakni melekatkan logam mulia milik swasta dengan merek logam mulia Antam.

 

Kasus pemalsuan emas Antam inipun terendus oleh Kejaksaan Agung.

Enam mantan GM Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia (UBPP LM) PT Antam pun sudah ditetapkan menjadi tersangka kasus dugaan korupsi pemalsuan emas Antam tersebut.

Direktur Penyidikan Jampidsus, Kuntadi mengatakan selama 12 tahun melakukan aksinya, total sudah mengedar 109 ton emas.

"Dalam periode tersebut telah mencetak logam mulia dengan berbagai ukuran sejumlah 109 ton yang kemudian diedarkan di pasar secara bersamaan dengan logam mulia produk PT Antam yang resmi," katanya saat jumpa pers di Kejagung, Jakarta Selatan, Rabu 29 Mei 2024 dalam keterangannya pada Radarpena.

"Sehingga logam mulia yang beredar secara ilegal itu telah menggerus pasar dari PT Antam hingga kerugiannya menjadi berlipat-lipat tadi," ujarnya.

BACA JUGA:Ditetapkan Tersangka, Begini Modus 6 Mantan GM PT Antam Lakukan Korupsi Emas 109 Ton

Kuntadi mengungkapkan, para pelaku menyalahgunakan kewenangannya dengan melakukan aktivitas secara ilegal terhadap jasa manufaktur yang seharusnya berupa kegiatan peleburan dan pemurnian serta pencetakan logam mulia.

Namun, mereka secara melawan hukum dan tanpa kewenangan telah melekatkan logam mulia milik swasta dengan merek logam mulia Antam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: