5 Cara Hilangkan Cegukan dengan Cepat Tanpa Minum Air Putih, Nomor 2 Paling Gampang

5 Cara Hilangkan Cegukan dengan Cepat Tanpa Minum Air Putih, Nomor 2 Paling Gampang

Ilustrasi orang yang mengalami cegukan, salah satu cara mengatasinya dengan melakukan ritme napas.--Pinterest

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Cegukan adalah suara hik yang muncul dari mulut yang biasanya terjadi akibat terlalu banyak mengkonsumi makanan dan minuman yang berlebihan.

Menurut ilmu kedokteran, cegukan terjadi akibat kontraksi diafragma yang terjadi secara tiba-tiba yang disertai dengan rasa sesak di area tenggorokan, dada, dan juga perut.

Ternyata untuk mengatasi cegukan tidak hanya dengan minum air putih. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan cegukan dengan mudah.

Yuk cari tahu dalam artikel yang menarik ini.

BACA JUGA:

Cegukan adalah kondisi normal yang sering terjadi pada manusia usai menyantap makanan atau meminum dalam jumlah yang berlebihan.

Cegukan juga bisa terjadi pada siapa saja, baik anak-anak, remaja, hingga orang dewasa sekalipun.

Akan tetapi jika cegukan ini berlangsung terus menerus dalam jangka Waktu yang lama, perlu ada pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

Cegukan umumnya terjadi hanya selang beberapa menit, meski begitu kondisi ini sangat mengganggu bagi yang mengalaminya.

Karena membuat kondis tidak nyaman dalam berkegiatan, tak jarang juga cegukan bisa menjadi bahan bercandaan dalam suatu perkumpulan.

Kebanyakan orang mengatasi cegukan dengan meminum air putih, namun ternyata masih ada cara lain untuk mengatasi masalah cegukan yang terjadi secara tiba-tiba.

Berikut ini cara mudah untuk mengatasi cegukan yang terjadi selain dengan meminum air putih:

1. Menahan napas

Menahan napas menjadi salah satu cara mengatasi cegukan tanpa minum yang paling populer. Menurut para ahli, menahan napas dapat meningkatkan kadar karbon dioksida di paru-paru yang dipercaya bisa mengendurkan otot diafragma dan menghentikan kejang penyebab cegukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: