5 Cara Hilangkan Cegukan dengan Cepat Tanpa Minum Air Putih, Nomor 2 Paling Gampang

5 Cara Hilangkan Cegukan dengan Cepat Tanpa Minum Air Putih, Nomor 2 Paling Gampang

Ilustrasi orang yang mengalami cegukan, salah satu cara mengatasinya dengan melakukan ritme napas.--Pinterest

Caranya dengan ambil napas dalam-dalam selama 10 detik kemudian buang secara perlahan. Lakukan sebanyak 3-4 kali.

2. Menjulurkan lidah

Apabila berbagai cara di atas tidak mampu menghilangkan cegukan dengan cepat, cobalah menjulurkan lidah Anda. Menjulurkan lidah dapat membantu merangsang saraf dan otot di tenggorokan.

Caranya, pegang ujung lidah menggunakan tangan yang sudah dicuci bersih, kemudian tarik lidah secara perlahan ke depan sebanyak 1-2 kali.

BACA JUGA:

3. Pijat area leher

Memberikan tekanan untuk menghilangkan cegukan juga bisa dilakukan dengan cara menekan area arteri karotis di kedua sisi leher. Area arteri karotis adalah titik tempat kamu mendeteksi denyut jantung di leher.

Posisikan tubuh dalam keadaan berbaring, kemudian putar kepala ke kiri. Setelah itu pijat bagian arteri di sisi kanan dengan gerakan melingkar selama 5-10 detik.

4. Duduk memeluk lutut

Kamu juga bisa menghilangkan kejutan dengan cara duduk memeluk lutut. Caranya, carilah posisi duduk yang nyaman dengan permukaan yang rata. Tekuk lutut dan dekatkan dengan dada dan peluklah kedua lututmu selama 2 menit.

Cara ini bisa meningkatkan tekanan pada dada, yang juga dapat menekan diafragma sehingga bisa menghentikan cegukan.

5. Menekan diafragma

Tekanan di beberapa titik tubuh yang sensitif dapat membantu mengendurkan otot diafragma atau merangsang saraf vagus untuk menghilangkan cegukan.

Salah satu cara menghilangkan cegukan tanpa minum adalah dengan menekan otot diafragma. Titik ini terletak di antara perut dan paru-paru Anda. Gunakan satu tangan untuk menekan area tersebut tepat di bawah ujung tulang dada selama beberapa detik.

Itulah tadi beberapa cara untuk menghilangkan cegukan dengan mudah tanpa minum aor putih. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: