Rekomendasi Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi untuk Fungsi Jantung

Rekomendasi Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi untuk Fungsi Jantung

kesehatan jantung--

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Bagi orang yang memiliki riwayat penyakit jantung memperbaiki pola hidup merupakan hal yang sangat penting. Salah satunya mengonsumsi makanan sehat untuk jantung, seperti buah-buahan dan tumbuhan yang mengandung fitonutrien karena senyawanya membantu jantung bekerja lebih optimal. 

Pasalnya, penyakit jantung tidak memiliki tanda dan gejala sehingga disebut dengan silent killer. Salah satu penyebab meningkatnya seseorang mengalami resiko penyakit jantung adalah pola hidup yang tidak sehat. 

Maka dari itu, mengatur pola makan dan gaya hidup menjadi lebih sehat merupakan senjata terbaik untuk melawan penyakit jantung.

Pola makan untuk menjaga kesehatan jantung merupakan upaya tubuh untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk kelangsungan metabolisme tubuh. 

BACA JUGA:

Pemilihan makanan yang tidak tepat akan memberikan dampak tubuh kekurangan nutrisi yang dibutuhkan. Selain makanan atau nutrisi tertentu, pola makan yang menyehatkan jantung dapat meningkatkan kesehatan jantung kamu secara signifikan . 

Apa yang kamu makan dapat memengaruhi banyak aspek kesehatan jantung, termasuk tekanan darah, peradangan, kadar kolesterol, dan trigliserida.

Bagi kamu yang memang memiliki riwayat penyakit jantung maupun memang ingin menjaga kesehatan jantung, mari simak sejumlah makanan yang baik untuk jantung berikut di bawah ini:

Cokelat Hitam

Cokelat hitam kaya akan antioksidan seperti flavonoid. Kandungan ini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Bahkan, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa makan cokelat dapat menurunkan risiko penyakit jantung menjadi lebih rendah. Kamu dapat mengkonsumsi cokelat dalam jumlah sedang atau di bawah 6 porsi seminggu, untuk menurunkan risiko penyakit jantung koroner, stroke, dan diabetes. Namun, cokelat bisa tinggi gula dan kalori, yang dapat menghilangkan khasiatnya sehingga pastikan kamu hanya memilih cokelat hitam berkualitas tinggi dengan kandungan kakao minimal 70%. 

Yogurt

Yogurt merupakan salah satu makanan yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, bakteri dalam yogurt dapat memicu keluarnya protein yang dapat menurunkan tekanan darah. Apabila tekanan darah terkendali, risiko penyakit jantung pun dapat dikurangi. 

Ikan Salmon dan Tuna

Ikan salmon dan tuna merupakan salah satu makanan yang kaya akan omega 3 dan asam lemak. Itulah mengapa, jenis makanan ini baik untuk jantung karena mampu mengurangi peradangan, termasuk pada pembuluh darah di sekitar jantung. Selain itu, omega 3 pada tuna dan salmon bermanfaat mengurangi tekanan darah, trigliserida, pembekuan darah hingga menormalkan detak jantung yang kurang teratur. Kamu dapat mengonsumsinya sebanyak 150 gram dalam seminggu guna mengurangi risiko henti jantung mendadak. Namun, usahakan memilih ikan dari tambak (bukan laut) untuk menghindari kandungan merkuri di dalamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: