Rekomendasi Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi untuk Fungsi Jantung

Rekomendasi Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi untuk Fungsi Jantung

kesehatan jantung--

Oatmeal

Gangguan pada jantung bisa diminimalisir dengan membatasi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol. Sebagai pilihannya, kamu dapat memilih oatmeal sebagai pengganti camilan. Oatmeal mengandung serat, senyawa antiradang dan antioksidan yang bisa menurunkan kadar kolesterol sekaligus mencegah pembentukan dan penumpukan plak, sehingga membantu menjaga kondisi pembuluh arteri tetap sehat.

Bawang Putih

Bawang putih sudah sejak lama digunakan sebagai obat alami untuk mengobati berbagai penyakit. Bawang putih dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung karena memiliki senyawa yang disebut allicin, yang diyakini memiliki banyak efek terapeutik. Dalam satu penelitian, mengambil ekstrak bawang putih dalam dosis 600-1.500 mg setiap hari selama 24 minggu, ternyata sama efektifnya dengan obat resep umum untuk mengurangi tekanan darah. Menurut Healthline, ada juga penelitian yang menemukan bahwa bawang putih dapat menurunkan kolesterol total rata-rata 17 mg/dL dan kolesterol LDL (jahat) sebesar 9 mg/dL pada mereka yang memiliki kolesterol tinggi. Penelitian lain menemukan bahwa ekstrak bawang putih dapat menghambat penumpukan trombosit, yang dapat mengurangi risiko pembekuan darah dan stroke. Cara mengonsumsi bawang putih untuk kesehatan adalah dengan memakannya mentah, atau hancurkan dan diamkan selama beberapa menit sebelum dimasak untuk mendukung pembentukan allicin. 

BACA JUGA:

Teh Hijau

Apabila kamu mencari minuman yang sehat dan baik untuk jantung, maka teh hijau adalah pilihannya. Teh hijau telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, mulai dari peningkatan pembakaran lemak hingga peningkatan sensitivitas insulin. Selain itu, teh juga juga memiliki kandungan polifenol dan katekin, yang dapat bertindak sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel, mengurangi peradangan, dan melindungi kesehatan jantung.  

Buah Beri dan Apel

Masih dari kelompok buah-buahan, ternyata tidak hanya lezat, namun apel dan buah beri juga menyehatkan bagi jantung. Apel mengandung serat dan antioksidan tinggi. Selain itu, apel juga mengandung senyawa yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sama halnya dengan apel, buah beri menjadi makanan sehat untuk jantung karena kaya akan antioksidan, di mana kandungan ini mampu meningkatkan proses metabolisme lemak di tubuh, serta menangkal radikal bebas yang mengakibatkan kerusakan sel atau reaksi peradangan.

Kacang Hijau

Selain untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, kacang hijau juga mengandung flavonoid yang bekerja untuk menghambat adhesi trombosit dalam darah, sehingga dapat menurunkan resiko serangan jantung dan stroke.

Kismis

Antioksidan dalam kismis memerangi tumbuhnya jenis bakteri yang dapat menyebabkan peradangan dan penyakit gusi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: