6 Jenis Makanan yang Pantang Dikonsumsi Ketika Menstruasi

6 Jenis Makanan yang Pantang Dikonsumsi Ketika Menstruasi

--

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Sebagian perempuan kerap merasakan meningkatnya rasa ingin makan terus-menerus menjelang atau selama menstruasi. Makanan yang biasa ingin dikonsumsi selama menstruasi seperti cokelat, makanan cepat saji dan lain sebagainya.

Ternyata, kamu tidak dianjurkan sepenuhnya memenuhi keinginanmu tersebut selama menstruasi. Ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk dihindari atau dibatasi agar terhindari dari nyeri, sakit, dan kembung selama menstruasi.

Selain keinginan konsumsi makanan tertentu, ada gejala-gejala pola makan yang dialami oleh sebagian perempuan saat menjelang atau selama menstruasi seperti tetap ingin makan walaupun sudah kenyang, makan dalam porsi besar, atau makan terus-menerus.

Kondisi ini berkaitan dengan perubahan perempuan saat menstruasi. Hormon progesterone meningkat sehingga mendorong nafsu makan. Walaupun begitu, jangan sepenuhnya memenuhi hasrat tersebut karena dapat memperburuk kondisi kamu saat menstruasi.

BACA JUGA:Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Berikut Rekomendasi Jenis Sapi Potong untuk Kurban Tahun 2024

BACA JUGA:6 Hal Penting yang Harus Dihindari Ketika Alami Menstruasi

Berikut makanan yang harus di hindari saat menstruasi:

1. Makanan dengan kadar gula tinggi

Jika kamu sedang haid, sebaiknya kurangi makanan yang terlalu manis seperti kue yang banyak ditemui di mini market. Tentunya tak masalah mengonsumsi makanan manis asalkan porsinya diperhatikan.

Pasalnya, makanan atau minuman dengan kadar gula yang tinggi bisa melejitkan energimu. Meski hal ini terdengar baik, tetapi ternyata bisa menyebabkan mood swing yang cukup parah.

Apabila kamu memang cenderung merasa stres, murung, moody, atau gelisah setiap periode haid, sebaiknya perhatikan asupan gula agar mood bisa lebih mudah dikendalikan.

2. Makanan Kaleng dan Olahan

Kamu juga disarankan untuk menjauhi dulu makanan kaleng dan olahan untuk sementara, karena kedua jenis makanan tersebut mengandung kadar sodium yang cukup tinggi yang bisa membuat perut kembung saat menstruasi. Coba konsumsilah makanan alami yang bernutrisi seperti sayur, kacang-kacangan, dan ikan.

3. Makanan pedas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: