6 Jenis Makanan yang Pantang Dikonsumsi Ketika Menstruasi

6 Jenis Makanan yang Pantang Dikonsumsi Ketika Menstruasi

--

Mengonsumsi makanan pedas memang sangat nikmat. Akan tetapi, saat haid datang, hal tersebut justru bisa menyebabkan masalah. Contohnya seperti sakit perut dan juga diare. Jika kamu memang sangat menyukai makanan pedas, jangan konsumsi saat haid datang. Sebab, hal itu bisa memperparah dengan gejala kram perut.

BACA JUGA:Jangan Marah! Ini Cara Jitu Menanggapi Kritik Anak dengan Bijaksana

BACA JUGA:Si Kecil Pilih-pilih Makanan? Jangan Panik! Ini Dia Solusinya!

4. Makanan yang mengandung daging merah

Makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi dapat memperparah kram perut saat haid. Salah satu contoh makanan yang dimaksud adalah daging merah atau red meat.

Yang termasuk ke dalam daging merah adalah daging sapi, kerbau, kambing, dan babi. Sedangkan yang dimaksud dengan daging putih ialah ayam dan bebek.

Walaupun berat, usahakanlah untuk berhenti dulu makanan yang diolah dengan bahan baku daging merah, seperti burger, steak, sup daging, dan lain-lain.

5. Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh

Salah satu cara yang cukup efektif untuk mengurangi nyeri perut saat menstruasi adalah dengan menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, salah satunya adalah makanan cepat saji.

Dismenore jauh lebih sering terjadi pada anak perempuan yang secara konsisten mengonsumsi mkanan cepat saji. Makanan ini memiliki kandungan asam lemak jenuh tinggi yang memengaruhi metabolisme progesteron dalam siklus menstruasi. 

6. Makanan dengan Kandungan Garam Tinggi  

Makanan dengan kandungan garam tinggi tidak dianjurkan dikonsumsi saat sedang menstruasi. Hal ini dikarenakan beberapa hormon yang menyebabkan menstruasi dapat menyebabkan retensi air dan inilah yang menyebabkan perut mudah kembung.

Ditambah dengan mengonsumsi makanan yang menyebabkan kembung atau gas, akan memperparah kembung dan rasa tidak nyaman. Makanan tersebut seperti makanan cepat saji, sup kalengan, dan daging bacon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: