6 Hal Penting yang Harus Dihindari Ketika Alami Menstruasi

6 Hal Penting yang Harus Dihindari Ketika Alami Menstruasi

--

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Haid atau menstruasi merupakan siklus bulanan yang rutin menghampiri para wanita usia produktif setiap bulannya. Haid ini biasanya disertai dengan rasa nyeri di bagian pinggang, perut bagian bawah, payudara, hingga rasa kembung beserta ngantuk.

Ketika mengalami haid setiap bulannya juga disertai perubahan hormon yang seringkali bisa mempengaruhi suasana hati. Maka tak mengherankan apabila seorang wanita yang sedang haid memilih untuk menghabiskan waktunya untuk rebahan di kasur seharian sembari menahan sakit atau makan makanan manis. 

Meski kebanyakan wanita sudah memulai siklus haid sejak remaja, namun tak banyak yang mengetahui hal-hal yang menjadi pantangan selama haid. Padahal, pantangan tersebut sangat berpengaruh pada kondisi selama haid serta bisa mempengaruhi kesehatan.

Berikut beberapa hal yang tidak boleh di lakukan saat sedang menstruasi: 

1. Mengonsumsi minuman beralkohol

Pada masa ovulasi, tingkat progesteron tubuh meningkat, sehingga dapat meningkatkan efek alkohol. Kondisi ini berisiko membuat tidur kamu terganggu. 

Meski alkohol dianggap dapat menghilangkan nyeri sementara, namun terdapat banyak efek negatif yang ditimbulkan jika dikonsumsi saat haid. Efek negatif tersebut antara lain jadwal haid menjadi tidak teratur hingga menyebabkan kadar kolesterol dan gula dalam darah menjadi naik.

BACA JUGA:Kamu Introvert? Ini Tips Mudah Jalani Konsep Hidup Living Alone

2. Mengonsumsi Kafein Berlebihan

Kopi atau minuman yang mengandung kafein sebaiknya dihindari saat masa haid. Karena kafein dapat menyebabkan fluktuasi pada hormon dan meningkatkan tekanan darah. Selain itu, kafein juga mengurangi kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi sehingga tubuh menjadi lemas dan menimbulkan efek PMS.

3. Tidak mengganti pembalut

Selama haid sebaiknya kamu harus mengganti pembalut secara teratur agar dapat menjaga kebersihan area kewanitaan. Namun, beberapa wanita cenderung sengaja menggunakan satu pembalut saja selama satu hari penuh agar dan malas untuk menggantinya setiap saat. Padahal, hal ini harus tetap dilakukan meskipun sudah mendekati masa berakhirnya menstruasi. Pembalut yang kotor bisa memicu berkembang-biaknya mikro organisme karena lembab dan kotor. Sebaiknya ganti pembalut kamu setiap 3-4 jam sekali selama menstruasi, dan tetaplah menggantinya meskipun pembalut belum ‘penuh’.

4.Melakukan hubungan seks tanpa pengaman

Ada yang berpendapat bahwa sebaiknya tidak melakukan seks saat menstruasi. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa kamu tetap dapat berhubungan seks meski sedang menstruasi, tetapi harus memakai kondom.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: