Galau? Luapkan Perasaan Kamu dengan Lagu, Nggak Cuman Lega Tapi Juga Bermanfaat untuk Kesehatan

Galau? Luapkan Perasaan Kamu dengan Lagu, Nggak Cuman Lega Tapi Juga Bermanfaat untuk Kesehatan

Mendengarkan Lagu Galau nyatanya memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh. Tapi jangan sering-sering ya--

Pada bagian pertama, para peneliti ingin menunjukkan bahwa ekspresi emosional adalah nilai karakteristik dari musik itu sendiri. 

Mereka memberi hampir 400 peserta yang menjadi sampel dari penelitian tersebut deskripsi dari empat lagu yang berbeda, termasuk:

  1. Lagu yang "menyampaikan emosi yang dalam dan kompleks" tetapi "secara teknis sangat cacat."
  2. Lagu yang "sempurna secara teknis" tetapi "tidak menyampaikan emosi yang mendalam atau kompleks."
  3. Lagu yang "sangat emosional" dan "secara teknis sempurna."
  4. Lagu yang “tidak emosional” dan "cacat secara teknis."

 

Para peserta diminta untuk mengurutkan lagu berdasarkan seberapa baik lagu tersebut mewujudkan "arti dari musik."

Para peneliti menemukan bahwa peserta lebih menghargai ekspresi emosional daripada kemahiran teknis ketika meninjau pilihan lagu mereka.

Pada bagian kedua eksperimen, para penulis meminta 450 partisipan baru untuk menilai seberapa terhubung perasaan mereka saat mendengarkan musik atau berpartisipasi dalam percakapan yang mengekspresikan 72 emosi yang berbeda, termasuk inspirasi, cinta, kesedihan, penghinaan, dan lain-lain.

BACA JUGA:12 Inspirasi Kata-Kata Bijak Ala Generasi Z Hadapi Kegalauan, Ingat! Galau Sama Sekali Gak Keren

Mereka menemukan hasil analisis bahwa emosi yang membuat orang merasa terhubung dalam percakapan juga merupakan emosi yang ekspresinya dalam musik, sesuai dengan lagu-lagu yang memiliki perasaan nilai tinggi seperti: kesedihan, cinta, kegembiraan, kesepian, dan kesedihan.

Selain itu, para peserta mengatakan bahwa lagu-lagu yang mengekspresikan emosi sedih seperti penderitaan dan keputusasaan tidak menyenangkan untuk didengarkan, tetapi masih menangkap esensi dari apa yang dimaksud dari musik yang mereka dengarkan tersebut dan membuat perasaan menjadi lebih terhubung.

 

"Apakah musik galau membuat seseorang merasa sedih atau tidak tergantung pada individu dan pengalaman mereka," ujar Shannon Bennett, PhD, direktur klinis di Presbyterian's Center for Youth Mental Health yang berada di NewYork, kepada Health.com.

 

Misalnya, seseorang mungkin merasa sedih ketika mendengar lagu tertentu karena lagu tersebut mengingatkan mereka pada kenangan tertentu.

Karena emosi dan ingatan kita sangat berkaitan, mendengarkan lagu yang membangkitkan kenangan spesifik dapat menyebabkan perasaan sedih.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: