Menjelajah Desa Wisata Hijau Bilebante di Lombok Tengah, Pesona Keindahan Alam dan Budaya

Menjelajah Desa Wisata Hijau Bilebante di Lombok Tengah, Pesona Keindahan Alam dan Budaya

Desa Hijau Belibante Lombok.-Foto: Instagram.com/BerbagaiSumber-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Salah satu dari 61 desa di kawasan Lombok Tengah, Desa Wisata Hijau Bilebante ini salah satu desa yang memiliki panorama desa yang asri dengan persawahan yang hijau. 

Desa Hijau Bilebante ini juga pernah meraih juara kedua dalam kategori Desa Wisata Alam pada BCA Desa Wisata Award 2021 lalu.

Perjalanan menuju Desa Bilebante menempuh jarak sekitar 24 kilometer dari Bandara Internasional Praya Lombok, dengan waktu tempuh sekitar 45 menit menggunakan bis. 

Seperti suasana desa pada umumnya, jalanan yang ditempuh tidak sepenuhnya dijajaki aspal, masih berupa beton kasar dan tanah gembur hitam.

Memasuki area Dusun Pancingan, wisatawan yang datang berkunjung mulanya akan disuguhkan minuman penyambut tamu berupa minuman herbal.

Kalau ingin mengelilingi desa ini dapat menggunakan ATV melintasi sawah seluas 226 hektar, kebun herbal dengan 135 jenis tanaman obat, serta beberapa fasiitas. Pengunjung juga dapat berfoto dengan latar pemandangan Gunung Rinjani dan Gunung Saak.

BACA JUGA:

Pengunjung juga dapat mencicipi makanan khas Desa Bilebante yang lezat, seperti klepon, lupis higga secang. Makanan yang dihasilkan menggunakan baku kuliner, seperti rumput laut yang dimanfaatkan sebagai bahan baku serabi. 

Sedangkan buat yang hobi memasak dapat mengikuti paket wisata cooking class. Pengunjung dapat mencoba membuat jamu, sayur daun kelor dan ayam merangkat, dan pelecing ala kota wisata Bilebante.

Suasana cooking class yang menyenangkan dikelilingi perkebunan di sekitar Pasar Pancingan. 

Desa wisata ini menjadi upaya untuk melindungi sejarah kearifan lokal, lingkungan, sumber daya dan budaya.

Diharapkan bahwa berbagai penawaran wisata yang menarik di Desa Wisata Hijau Bilebante akan meningkatkan produktivitas dan nilai tambah masyarakat serta mendorong pertumbuhan ekonomi pariwisata.

Aktivitas Seru di Desa Wisata Hijau Bilebante

Saat berkunjung ke Desa Hijau Bilebante, kamu akan merasakan suasana liburan yang menyenangkan khas kampung halaman bernuansa asli pedesaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: