Natasha Surya Bagikan Tips Cara Mengubah ASI Jadi Bubuk: Awet hingga 3 Tahun

Natasha Surya Bagikan Tips Cara Mengubah ASI Jadi Bubuk: Awet hingga 3 Tahun

Natasha Surya bagikna tips ASI diubah mnejadi bubuk-ilustrasi-berbagai sumber

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Seorang kreator konten TikTok dengan nama akun @natasha.surya membagikan pengalamannya mengubah ASI menjadi bubuk. Sontak, hal itu ramai diperbincangkan di media sosial.

Dalam konten TikToknya, Natasha menceritakan bahwa dia tidak melakukan proses pembubukan ASI sendiri, melainkan melalui bantuan sebuah perusahaan yang khusus bergerak dalam pembubukan ASI.

"Pembubukan ASI tidak bisa dilakukan secara mandiri di rumah karena memerlukan peralatan khusus yang hanya dimiliki oleh perusahaan pembubuk ASI," kata Natasha.

Hal itu dimulai Natasha, dengan pengiriman ASI dalam kondisi beku ke perusahaan menggunakan kotak pendingin. 

BACA JUGA:Kronologi Selebgram Tewas Ditembak Usai Posting Foto Makanan di Instagram

Jumlah ASI yang dikirimkan adalah satu liter. Setelah satu hingga dua pekan, ASI tersebut dikirim kembali ke kediaman Natasha dalam bentuk bubuk. 

"Bubuk ASI dikemas dalam 20 sachet dengan masing-masing berisi lima gram, yang jika dicairkan setara dengan 45 mililiter ASI cair," terngnya.

Natasha mengatakan, bahwa saat membuka paket, wangi dari bubuk ASI terasa seperti keju parmesan, memberikan impresi yang menarik baginya.

"Bentuk ASI bubuknya yang menurutnya cenderung lebih kasar dibanding susu formula pada umumnya dan menurut aku pribadi sih ASI bubuk ini lebih cepat dilarutkan dibandingkan formula, warnanya mirip banget sama ASI aku yang udah masuk chiller," ungkapnya.

Adapun rasanya, lanjut Natasha, sama persis seperti ASI segar, hanya saja ada aroma keju parmesan.

"Keuntungan utamanya, dia bisa tahan sampai tiga tahun. Untuk aku pribadi aku akan pakai ASI ini sebagai tambahan di makanan atau minuman sebagai nutrisi tambahan, karena ASI antibodinya oke banget," pungkasnya.

Risiko dan Bahaya

Ketua Satgas ASI IDAI, Dr Naomi Esthernita Fauzia Dewanto, Sp.A(K) mengatakan bahwa, dampak pengeringan beku pada komponen penting ASI saat ini memang masih belum diketahui.

“Tanpa bukti penelitian yang memadai, hingga saat ini belum jelas apakah freeze dryed ASI memiliki rasio protein, lemak, karbohidrat yang tepat sebagai sumber nutrisi penting yang dibutuhkan bayi,” kata dr Naomi melalui keterangannnya, Sabtu 11 Mei 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: