6 Alasan Makan Mie Instan Bisa Memicu Penyakit Jantung, Ini Penjelasannya

6 Alasan Makan Mie Instan Bisa Memicu Penyakit Jantung, Ini Penjelasannya

Ilustrasi mie instan.-Foto: Unsplash.com/ThomasHuang-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Mie instan merupakan makanan cepat saji yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain praktis dalam memasaknya mie instan juga sangat membantu ketika sesorang sedang lapar namun dalam kedaan sibuk, rasanya yang enak dan beraneka ragam dapat menarik perhatian serta harganya yang terjangkau kerap menjadi pilihan seseorang mengonsumsi mie instan.

Namun, perlu diperhatikan dalam mengonsumsi mie instan secara berlebihan akan dapat meninmbulkan dampak buruk pada kesehatan. Seperti yang disebutkan di atas bahwa makanan tidak sehat menjadi faktor risiko penyakit jantung

Melansir dari Healthline, mi instan biasanya tinggi jumlah lemak, karbohidrat, dan natrium dengan sedikit nilai gizi. Mungkin hanya beberapa mi instan mengandung zat gizi mikro yang diperkaya dalam bentuk sintetis, seperti zat besi dan vitamin B. 

BACA JUGA:

Makanan kemasan ini identik dengan bahan dasar tepung putih, garam, dan minyak sawit. Lalu, disertai tambahan bumbu yang mengandung garam, penyedap rasa, dan monosodium glutamate (MSG).

Dilansir dari berbagai sumber, berikut alasan mi instan dapat menyebabkan penyakit jantung:

Lemak Jahat 

Mi instan merupakan makanan olahan tinggi. Sebelum dikemas, mi ini digoreng dengan minyak sawit, lemak babi, atau mentega. Bumbunya mungkin juga mengandung minyak yang tinggi lemak jenuhnya.

Oleh karenanya, mi instan bisa mengandung banyak lemak jahat. Lemak jenuh, jika dikonsumsi secara berlebihan atau teratur, dapat meningkatkan kadar low-density lipoprotein (LDL atau kolesterol jahat) dalam darah. Kolesterol tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung.

Oleh karena itu, penting untuk kamu membatasi makan mi instan. Kamu juga bisa meningkatkan nilai gizi sasat makan mi instan dengan menambahkan mi instan dengan sumber protein, serat, vitamin, dan mineral. Misalnya, telur dan sayur.

Meskipun makan mi instan sesekali tidak membahayakan kesehatanmu, mengonsumsinya secara teratur dapat membahyakan kesehatan jantungmu. Apalagi, didukung oleh gaya hidupmu yang tidak sehat lainnya.

Penggunaan Bahan Tambahan

Mie instan seringkali mengandung bahan tambahan, seperti pengawet, pewarna dan penguat rasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: