Atlet Peraih Medali Olimpiade Bakal Dapat Dana Pensiun, Ini Syaratnya

Atlet Peraih Medali Olimpiade Bakal Dapat Dana Pensiun, Ini Syaratnya

Atlet peraih medali olimpiade bakal dapat dana pensiun, Ini syaratnya-Foto: Screenshot Instagram/@badminton.ina-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Budi Prasetyo selaku asisten Kemenko PMK yang mengungkapkan bahwa pemerintah tengah menyusun aturan terkait dengan bonus dan dana pensiun atlet.

Aturan tersebut akan diintegrasikan ke dalam Peraturan Pemerintah (PP) yang berkaitan dengan penghargaan untuk pelaku olahraga.

Dimana aturan tersebut akan mengatur tentang pemberian bonus kepada para atlet dan dana pensiun kepada atlet yang telah berpretstasi.

Pembahasan tersebut sedang dilakukan secara intens oleh Kedeputian Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan dan Prestasi Olahraga di Kemenko PMK.

Plt. Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan, dan Prestasi Olahraga Kemenko PMK, Aris Darmansyah Edisaputra yang mengungkapkan bahwa dana pensiun yang akan diberikan kepada atlet yang sukses meraih gelar juara.

BACA JUGA:

Asisten Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Budi Prasetyo dalam dialog di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin 6 Mei 2024.

"Kita sedang menyusun PP tentang penghargaan untuk insan olahraga, sekarang proses di Kemenkumham, dalam waktu yang tidak lama itu akan diundangkan," ujar Budi Prasetyo dalam dialog di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin 6 Mei 2024.

Saat ini draft peraturan pemerintah tersebut masih dalam tahap harmonisasi di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). 

Peraturan tersebut akan menjadi turunan dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan.

Budi juga mengungkapkan bahwa tidak semua atlet hidup dengan susah. Apalagi, dalam Undang-undang Nomor 11 tentang Olahraga sudah ada aturan untuk perlindungan atlet.

Tak hanya itu, Budi Prasetyo juga mengungkapkan bahwa bonus yang diberikan pemerintah Indonesia kepada para atlet justru termasuk besar jika dibandingkan dengan Jepang maupun Korea.

Saat disinggung mengenai besaran angka untuk dana pensiun, Budi Prasetti menyebutkan bahwa masih ada perdebatan terkait nilainya, khususnya bagi yang memperoleh medali masih diperhitungkan.

”Yang jelas, khususnya untuk olympian akan diberikan uang pensiun seperti veteran,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: