Tembus Final Uber dan Thomas Cup 2024, Ini Rekam Jejak Prestasi Tim Bulutangkis Indonesia

Tembus Final Uber dan Thomas Cup 2024, Ini Rekam Jejak Prestasi Tim Bulutangkis Indonesia

Pencapaian tim Bulu Tangkis Indonesia melaju ke final piala Thomas dan Uber Cup 2024.-Foto: Instagram.com/@badminton.ina-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Ajang Piala Thomas dan Uber Cup 2024 telah memasuki partai puncak.

Tim bulutangkis putra dan putri kompak melaju di babak final usai menaklukan lawan-lawannya dalam laga empat besar yang dihelat di Hi-Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, pada Sabtu 4 Mei 2024.

Kemenangan penentu untuk Indonesia dicatatkan oleh Jonatan Christie, yang berhasil mengalahkan Wang Tzu Wei dalam pertarungan yang sengit.

Dua poin tambahan untuk Indonesia disumbangkan oleh Anthony Sinisuka Ginting dalam tunggal putra dan pasangan ganda Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Jonatan Christie tampil dominan sejak awal gim pertama.

Meskipun sempat terjadi perlawanan dari Wang Tzu Wei, namun Jonatan berhasil mempertahankan keunggulannya hingga akhir gim pertama dengan skor 21-11.

BACA JUGA:

Pada gim kedua, Wang Tzu Wei mencoba memberikan perlawanan lebih sengit, namun Jonatan tetap mampu mengendalikan permainan dan memastikan kemenangan dengan skor 21-16, memastikan Indonesia melaju ke final Thomas Cup 2024.

Sedangkan tim Uber menempati peringkat dua setelah kalah dari China 1-4. Di sektor putri, Indonesia berhasil menuju ke final Piala Uber 2024 guna mengakhiri puasa gelar selama 28 tahun.

Terakhir kalinya Indonesia menjuarai Piala Uber adalah pada 1996. Adapun terakhir kalinya berlaga di final Piala Uber adalah pada 2008 di Jakarta.

Kepastian melajunya Indonesia ke final Piala Uber 2024 didapat setelah Komang Ayu Cahya mengalahkan Kim Min Sun (Korea Selatan) pada babak semifinal antara Indonesia dan Korea Selatan. Komang menang dengan skor 17-21, 21-16, dan 21-19.

Kemenangan Komang membuat Indonesia unggul 3-2 atas Korea Selatan. Di partai final, Indonesia harus berhadapan dengan China. Final Piala Uber 2024 akan digelar pada Minggu, 5 Mei 2024.

Indonesia terakhir kali menjuarai Piala Uber pada 1996, sekaligus menjadi gelar juara yang ketiga di ajang tersebut.

Sementara China merupakan negara yang paling banyak merengkuh Piala Uber dengan total 15 gelar juara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: