Jukir Liar di Minimarket Jadi Sorotan Pemprov DKI Jakarta, Dishub: 'Akan Kami Tindak Tegas!'

Jukir Liar di Minimarket Jadi Sorotan Pemprov DKI Jakarta, Dishub: 'Akan Kami Tindak Tegas!'

Dishub akan berkoordinasi dengan Satpol PP untuk tertibkan Jukir Liar--

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyoroti maraknya juru parkir (jukir) liar di minimarket Ibu Kota. 

Dishub DKI memastikan pihaknya akan berkoordinasi dengan Satpol PP untuk menangani keberadaan jukir liar.

Syafrin Laputo selaku Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyampaikan bahwa pihak minimarket biasanya menggratiskan biaya parkir di tokonya. Namun, menurut dia, ada saja oknum yang memanfaatkan celah itu untuk mematok tarif parkir.

Syafrin kemudian membeberkan bentuk pengawasan yang selama ini dilakukan Dishub terhadap jukir liar.

Biasanya, pihak Dishub akan mengecek fasilitas parkir di lokasi minimarket, kemudian memastikan tak ada ikatan kerja sama antara pihak minimarket dengan jukir.

Syafrin pun mengakui saat ini mayoritas jukir liar pasti akan kembali lagi setelah ditindak. 

Menyikapi hal ini, pihaknya akan menjalin komunikasi dengan Satpol PP untuk menentukan langkah penertiban di waktu mendatang.

BACA JUGA:Ketar-ketir! PM Israel Benjamin Netanyahu Disebut Stres soal Surat Penangkapan dari ICC, Ancam Balas Palestina

Dishub DKI pun mengindikasi pemasukan dari parkir liar cukup tinggi. Selain di minimarket, Dishub akan mencegah maraknya keberadaan parkir liar di titik-titik keramaian melalui penderekan kendaraan hingga penataan parkir.

Syafrin juga mengungkap arahan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang meminta Dishub mengidentifikasi ruas jalan sesuai dengan jam keramaian. Dengan begitu, pengendara bisa memarkirkan kendaraan hanya di jam tertentu.

Tindak Tegas dari Dishub

Dalam mewujudnyatakan upaya-upaya tersebut, Syafrin menyampaikan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan Satpol PP untuk menanganinya.

"Kami akan berkoordinasi dengan teman-teman Satpol PP untuk penanganan terkait dengan adanya oknum-oknum yang memanfaatkan lokasi-lokasi di minimarket tadi dengan cara memaksa untuk memungut jumlah tertentu," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, pada Jumat 3 Mei 2024.

BACA JUGA:Viral! Seorang Ayah Dituduh Jual Anak Perempuannya Sebagai PSK, Keluarga Tak Terima

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: