Setir Mobil Terasa Getar saat Jalan? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Setir Mobil Terasa Getar saat Jalan? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Jika setir mobil sudah mulai terasa getar yang bisa mempengaruhi keselamatan dari pengendara dan penumpang lainnya.--Freepik

3. Cek Kaki-kaki Mobil

Tidak hanya mobil, kondisi kaki-kaki mobil bisa menjadi salah satu penyebab setir bergetar. Biasanya, ada komponen kaki-kaki yang bermasalah atau aus sehingga berpengaruh pada setir mobil.

Ada beberapa komponen yang aus pada kaki-kaki mobil yang membuat setir bergetar, seperti ball joint, racksteer, tie rod, dan lain sebagainya. Komponen-komponen berikut berkaitan dengan setir mobil, sehingga perlu pengecekan.

4. Cek Engine Mounting

Bagus atau tidaknya engine mounting juga bisa menjadi salah satu penyebab setir yang bergetar. Biasanya, getaran mesin mobil juga semakin terasa, dan bahkan getarannya sudah ada sejak mesin dihidupkan. Lalu, ketika berjalan, setir mobil pun ikut bergetar dan membuat laju mobil terganggu.      

BACA JUGA:Jangan Lakukan Hal - Hal Ini Kalo Gak Kepengen AC Mobil Kamu Rusak

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele, Ini 3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengemudi Sebelum Mematikan Mesin Mobil

5. Link Stabilizer

Saat melewati jalanan rusak atau berlubang terdengar bunyi gluduk-gluduk yang mengganggu kenyamanan berkendara.

Suara tersebut merupakan kerusakan yang berasal dari link stabilizer, dimana berfungsi untuk menahan goncangan dari jalanan tidak rata.

Untuk melakukan pemeriksaan pada komponen ini dapat dimulai dari link stabilizer sudah terpasang secara benar atau belum.

Periksa juga kedua ujung ball joint dari link stabilizer apakah baik-baik saja atau sudah oblak, retak, bahkan pecah.

6. Belum di Spooring Dan Balancing

Penyebab dari setir mobil goyang meski sedang berjalan pada jalan yang halus Mungkin itu terjadi karena keadaan roda mobil belum di balancing.

Hal ini akan membuat keadaan roda tidak dalam kondisi yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: