Daftar 5 Tempat Wisata Religi di Surabaya yang Penuh Makna dan Sejarah

Daftar 5 Tempat Wisata Religi di Surabaya yang Penuh Makna dan Sejarah

Tempat Wisata Religi di Surabaya --

BACA JUGA:Deretan Wisata Hits di Kota Blitar! Apa Alasannya Disebut Sebagai Kampung Coklat?

3. Makam Sunan Ampel

Makam Sunan Ampel adalah salah satu tempat wisata religi yang paling populer dan menjadi landmark di Surabaya. Terletak di Jl. Ampel Blumbang No.2 A, Ampel, Kec. Semampir, Surabaya, makam ini menjadi pusat kegiatan spiritual bagi umat Islam, terutama yang berada di Jawa Timur. Sunan Ampel sendiri adalah salah satu dari Wali Songo, sembilan orang yang dikenal sebagai penyebar agama Islam di Indonesia. 

Di sekitar makam, terdapat kompleks masjid dan bangunan-bangunan bersejarah yang menambah kekhusyukan tempat ini. Pengunjung sering datang untuk berdoa, mencari berkah, dan mendapatkan inspirasi spiritual. Selain untuk berziarah, Makam Sunan Ampel juga menjadi pusat perdagangan dan kuliner halal khas Surabaya dan berbagai jenis oleh-oleh religi yang dijual di sekitar kompleks. 

 

4. Klenteng Boen Bio

Tempat wisata religi berikutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Klenteng Boen Bio. Klenteng ini merupakan "benteng terakhir pertahanan" agama Konghucu di Surabaya.

Sebelumnya klenteng yang berdiri pada tahun 1883 ini bernama Boen Thjiang Soe. Namun sekarang dikenal dengan Klenteng Boen Bio.

Hingga saat ini Klenteng yang berada di Jalan Kapasan No. 131, Kapasan Dalam, Kecamatan Simokerto, Kota Surabaya ini masih digunakan oleh umat Konghucu sebagai tempat ibadah. Saat malam tahun baru Imlek biasanya umat Konghucu berdoa di klenteng ini.

 

5. Gereja Santa Perawan Maria Tak Bercela Surabaya

Gereja Santa Perawan Maria Tak Berdosa Surabaya atau yang lebih dikenal sebagai Paroki Ngagel, merupakan salah satu ikon wisata religi yang sangat terkenal di Surabaya. Gereja ini adalah salah satu gereja Katolik tertua di kota tersebut, dengan sejarah yang kaya dan arsitektur yang megah. Terletak di Jl. Ngagel Madya No.1, Baratajaya, Kec. Gubeng, Surabaya, gereja ini menjadi tempat ibadah utama bagi umat Katolik di Surabaya dan sekitarnya.

Suasana di Gereja ini sangat khusyuk dan damai, memperkuat pengalaman spiritual para jemaat yang datang beribadah. Di samping itu, kamu juga bisa mengabadikan keindahan bangunan gereja dalam bingkai foto untuk dijadikan kenangan yang berharga. Gereja Santa Perawan Maria Tak Berdosa Surabaya bisa dikunjungi mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore. 

 

Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: