Israel Serang Balik Iran, Timur Tengah Diambang Perang Dunia Ketiga

Israel Serang Balik Iran, Timur Tengah Diambang Perang Dunia Ketiga

Israel kembali serang Iran.-Foto: Instagram.com/BerbagaiSumber-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Iran dan Israel telah lama mengobarkan perang bayangan, yang ditandai dengan pembunuhan ilmuwan nuklir Teheran dan serangan terhadap Israel oleh sekutu negara Islam tersebut di dunia Arab seperti Hizbullah dari Lebanon. Namun, Amerika Serikat telah menempatkan prioritas utama untuk mencegah perang besar-besaran.

Serangan paling mematikan yang pernah terjadi terhadap Israel, yang dilakukan pada tanggal 7 Oktober oleh militan Palestina Hamas yang didukung Iran, mengguncang Israel dan mendorong AS untuk ikut campur tangan dalam konflik regional di Timur Tengah tersebut.

Pengamat Internasional yang juga Guru besar Hubungan Internasional Universitas Indonesia (UI), Hikmahanto Juwana mengatakan serangan oleh Israel ke Iran ini sangat disesalkan. 

"Kalau memang ini benar serangan dari Israel ke Iran, maka ini sungguh sangat disesalkan," kata Hikmahanto dalam keterangannya. Pasalnya kata Hikmahanto, negara-negara Eropa seperti Prancis, kemudian Jerman, Inggris sudah mengimbau kepada Israel agar tidak melakukan serangan balasan ke Iran. 

BACA JUGA:

Bahkan, juga Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden sudah mengatakan kepada Israel jika Israel akan melakukan serangan balik ke Iran, maka AS tidak berada di belakangnya.

Serangan langsung Iran dan Israel adalah "sebuah tonggak sejarah, karena ini benar-benar mengubah aturan keterlibatan antara kedua musuh," kata Merissa Khurma, direktur program Timur Tengah di Wilson Center.

"Hal ini juga meningkatkan ketegangan di kawasan ini. Hal ini membuat momok perang habis-habisan menjadi sangat nyata bagi banyak negara di kawasan ini," katanya, dilansir AFP, pada Sabtu, 20 April 2024.

Israel pada Jumat pagi tampaknya melancarkan serangan di dekat kota Isfahan di Iran, setelah Iran akhir pekan lalu melancarkan serangan langsung pertamanya terhadap Israel dengan rentetan 300 rudal, drone, dan roket.

Baik serangan langsung Iran maupun Israel diketahui tidak menimbulkan korban atau kerusakan besar dan tidak ada negara yang secara terbuka mengonfirmasi serangan tersebut, sehingga para pejabat AS secara pribadi menyuarakan harapan bahwa Iran tidak akan membalas dan siklus ini akan berakhir.

Hikmahanto mengatakan, jika AS turun maka akan diambang Perang Dunia III. "Dan kalau misalnya nanti Amerika Serikat turun, pertanyaannya adalah apakah negara lain di luar Timur Tengah juga akan turun seperti misalnya Rusia ya bahkan juga Korea Utara, karena kalau misalnya mereka semua turun ini kita ini sudah di ambang Perang Dunia III ya," tuturnya. 

BACA JUGA:

Lebih lanjut Hikmahanto mengatakan, Menteri Luar Negeri Inggris dan Jerman datang ke Israel meminta kembali kepada Perdana Menteri Netanyahu untuk tidak melakukan serangan. 

"Meskipun dalam pernyataan Perdana Menteri Netanyahu sudah mengatakan bahwa beliau mengapresiasi saran-saran yang disampaikan tapi adalah keputusan dari Israel, rakyat Israel untuk melakukan serangan balik ke Iran atau tidak," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: