Beda dari Negara Lain, Apple hanya Investasi Rp1,6 Triliun di Indonesia

Beda dari Negara Lain, Apple hanya Investasi Rp1,6 Triliun di Indonesia

Apple investasi ke Indonesia senilai Rp1,6 Triliun.-Foto: Instagram.com/@ceoinsightsindia-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Teknologi raksasa Amerika Serikat, Apple memiliki rencana berinvestasi di Indonesia senilai Rp1,6 triliun. Hal itu terungkap usai CEO Apple Tim Cook saat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Rabu, 17 April 2024 pagi.

Sementara investasi Apple di Vietnam terbilang jauh lebih besar lagi yakni mencapai Rp 256 triliun. Nilai tersebut digunakan untuk membangun tiga Apple Developer Academy yang berada di BSD, Surabaya, dan Batam. Bahkan, pada tahun ini akan ditambah Apple Developer Academy ke-empat di Bali.

Keempat Apple Developer Academy di Indonesia di antaranya: 

  • Apple Developer Academy di Binus BSD, Serpong, Tangerang 
  • Apple Developer Academy di Universitas Ciputra di Surabaya 
  • Apple Developer Academy di Infinite Learning di Batam 
  • Apple Developer Academy di Bali 

Sementara ini Apple belum menyampaikan rencana untuk membangun Apple Store maupun pabrik iPhone di Indonesia. Dengan begitu, belum ada investasi lain di luar Apple Developer Academy.

BACA JUGA:

Namun CEO Apple Tim Cook menyatakan akan mempertimbangkan pembangunan pabrik di Indonesia. Sementara itu, Budi Arie menyampaikan bahwa pembahasan investasi di luar Apple Developer Academy sedang dipertimbangkan oleh raksasa teknologi asal Amerika tersebut.

Sebelum mengungkapkan keinginan berinvestasi di Indonesia. Apple sendiri sudah berinvestasi di negara Asia Tenggara lain, yakni Vietnam.

Sehari sebelum kedatangannya ke Indonesia, Tim Cook mengatakan ingin menambah investasi di Vietnam dan Asia Tenggara. Hal itu ia ungkapkan usai bertemu dengan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh.

Adapun investasi Apple di Vietnam telah mencapai US$15,84 miliar atau setara Rp256,79 triliun (asumsi kurs Rp16.211 per dolar AS). Investasi ini telah menciptakan 200 ribu lapangan kerja. Saat ini, Vietnam akan membentuk kelompok kerja untuk mendukung investasi Apple.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan bahwa Apple telah mengucurkan investasi senilai Rp1,2 triliun untuk tiga akademi di Apple Developer Academy, yaitu di Jakarta, Surabaya, dan Batam.

Budi menambahkan bahwa Apple kembali menambah investasi dengan membangun program Apple Developer Academy di Bali, sehingga nilai investasinya mencapai Rp1,6 triliun.

BACA JUGA:

“Investasi untuk tiga Apple Developer Academy Rp 1,2 triliun. Jika ditambah satu lagi di Bali, maka menjadi Rp 1,6 triliun,” ujar Budi Arie Setiadi kepada wartawan, pada Rabu, 17 April 2024.

Cook mengaku sudah berbincang terkait beberapa hal dengan Jokowi. Obrolan itu menurutnya berlangsung dengan baik. Mereka berdialog terkait potensi besar yang ada di Indonesia beserta komitmen Apple terhadap Indonesia ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: