Warisan Budaya Blitar! Masih Terdapat jejak Proklamator Sebagai Ciri Khas

Warisan Budaya Blitar! Masih Terdapat jejak Proklamator Sebagai Ciri Khas

Kota Blitar memiliki banyak warisan budaya yang tak terlupakan--

JAKARTA,RADARPENA.DISWAY.ID - Blitar, sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, bukan hanya dikenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga karena keberagaman budayanya yang kaya. Dengan sejarah yang panjang dan kehidupan masyarakat yang lestari, Blitar menjadi tempat di mana nilai-nilai tradisional dan modern saling bersatu.  

Berikut budaya yang ada di Blitar

BACA JUGA:Perhatian! Jangan Lakukan Kebiasaan ini saat Mandi Pagi, Bisa Berdampak Buruk pada Kesehatan Kulit

1. Grebeg Pancasila

Grebeg Pancasila merupakan upacara budaya yang rutin digelar untuk memperingati hari lahirnya pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni. Tujuannya untuk mengenang proses lahirnya Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

2. Gong Kyai Pradah

Jamasan Gong Kiai Pradah atau Siraman Kiai Pradah merupakan bentuk perayaan tradisional di Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Kegiatan memandikan benda pusaka berupa sebuah gong dengan menggunakan air kembang setaman ini digelar setiap tanggal 12 Rabiul Awal atau bertepatan dengan maulid Nabi Muhammad SAW.

BACA JUGA:5 Alasan Pasangan Jadi Tertutup dengan Perasaannya, Perlu Intropeksi Diri?

3. Wayang Orang

Wayang Wong atau yang disebut juga Wayang Orang mengacu pada istilah wayang yang dimainkan dengan menggunakan orang sebagai tokoh dalam cerita wayang tersebut. Wayang orang termasuk sebagai salah satu bentuk seni karya sastra, karena di dalamnya terdapat unsur seni, seperti seni tari, seni musik, seni drama, dan seni suara. Hal yang menarik perhatian dari Wayang Orang ini yaitu pada setiap jeda pertunjukannya akan ada tarian kolosal yang dilakukan setiap pemainnya.

 

Ciri Khas Kota Blitar

1. Makam Plokamator Bung Karno

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: