Warisan Budaya Blitar! Masih Terdapat jejak Proklamator Sebagai Ciri Khas

Warisan Budaya Blitar! Masih Terdapat jejak Proklamator Sebagai Ciri Khas

Kota Blitar memiliki banyak warisan budaya yang tak terlupakan--

Kota Blitar telah dikenal masyarakat se antero Nusantara sebagai Kota Kebangsaan dengan adanya Makam Proklamator Bung Karno dan sebagai destinasi utama para wisatawan yang mengunjungi Kota Blitar. Blitar memiliki banyak cerita yang begitu heroik bagi guru bangsa ini. Soekarno, Presiden pertama Indonesia ini merupakan warga asli Blitar. Hingga saat ini masih banyak wisatawan yang berkunjung ke Makam Bung Karno yang berada di Jalan Kalasan no. 1 Blitar. Saat kamu memasuki wilayah jalan utama di Makam Bung karno ini kamu akan menemukan sebuah gapura Agung yang menghadap ke selatan yang berhadapan dengan Cungkup Makam Bung Karno berbentuk bangunan Joglo, yakni bentuk seni bangunan jawa yang sudah dikenal sejak dahulu.

 

2. Makam Adipati Aryo Blitar

Makam Aryo, merupakan sebuah makam dan petilasan dari Adipati Arya Blitar yang terletak di Kelurahan Blitar, Kecamatan Sukorejo. Makam ini ramai dikunjungi pada bulan Suro (Muharram) dan juga setiap malam Jumat legi.

 

Aryo Blitar adalah adipati pertama di Blitar. Beliau merupakan salah satu tokoh yang berpengaruh pada pembangunan Blitar. Karena itu sampai sekarang makamnya banyak dikunjungi orang.

 

3. Monumen PETA

Merupakan monumen yang dibangun untuk memperingati hari dimana tentara pembela tanah air (PETA) melakukan pemberontakan melawan tentara Jepang, pada tanggal 14 Februari 1945 yang kala itu dipimpin oleh Soedanco Soepriyadi. Setiap tanggal 13 dan 14 Februari setiap tahunnya selalu rutin diadakan drama kolosal pemberontakan PETA untuk mengenang peristiwa tersebut.

BACA JUGA:5 Alasan Pasangan Jadi Tertutup dengan Perasaannya, Perlu Intropeksi Diri?

4. Candi Penataran

Candi Penataran atau nama aslinya adalah Candi Palah adalah sebuah gugusan candi bersifat keagamaan Hindu Siwaitis yang terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Candi termegah dan terluas di Jawa Timur ini terletak di lereng barat daya Gunung Kelud, di sebelah utara Blitar, pada ketinggian 450 meter di atas permukaan laut. Dari prasasti yang tersimpan di bagian candi diperkirakan candi ini dibangun pada masa Raja Srengga dari Kerajaan Kadiri sekitar tahun 1200 Masehi dan berlanjut digunakan sampai masa pemerintahan Wikramawardhana, Raja Kerajaan Majapahit sekitar tahun 1415.

 

5. Terdapat Istana Gebang

Istana Gebang atau lebih dikenal dengan sebutan Ndalem Gebang, merupakan rumah tempat tinggal orang tua Bung Karno. Istana ini bertempat di Jl. Sultan Agung 69. Di rumah ini pada setiap bulan Juni ramai didatangi pengunjung, baik dalam rangka peringatan hari ulang tahun Bung Karno maupun karena adanya kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Pemkot Blitar, seperti Grebeg Pancasila.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: