Teheran Ancam Serangan Lebih Besar Jika Israel Balas Serang Balik

Teheran Ancam Serangan Lebih Besar Jika Israel Balas Serang Balik

Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran, Mayor Jenderal Mohammad Bagheri mengancam akan kirim serangan lebih besar jika Israel membalas serangan drone dan rudal, Minggu 14 April 2024-Foto: Tehran Times-

TEHERAN, RADARPENA.CO.ID- Iran mengancam Israel dengan serangan yang lebih besar, jika Tel Aviv membalas serangan drone dan rudal yang dilancarkan TEHERAN pada akhir pekan ini. 

Teheran juga mengingatkan Amerika Serikat untuk tidak mendukung tindakan pembalasan oleh militer Israel terhadap Iran.

"Respons kami akan jauh lebih besar dibandingkan aksi militer malam ini. Jika Israel membalas terhadap Iran," kata Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran, Mayor Jenderal Mohammad Bagheri seperti dikutip Reuters, Minggu 14 April 2024.

BACA JUGA:Perang Iran-Israel Pecah, Pemerintah Ambil Langkah Darurat Bagi Ratusan WNI di Teheran

Menurut Bagheri Iran juga telah memperingatkan Amerika Serikat bahwa segala bentuk dukungan terhadap tindakan pembalasan Israel akan mengakibatkan pangkalan-pangkalan AS di Timur Tengah menjadi sasaran.

Dia pun mengklaim serangan Iran semalam berhasil menargetkan dua pangkalan militer Israel.

"Operasi kami sudah selesai. Dan kami tidak punya niat untuk melanjutkannya," ujarnya. 

Komandan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran, Hossein Salami juga memperingatkan bahwa Teheran akan membalas setiap serangan Israel. Terhadap kepentingan, pejabat, atau warga negaranya.

BACA JUGA: Daya Beli Masyarakat Lesu saat Lebaran, Penjual Ponsel Anjlok 50 Persen

Iran meluncurkan ratusan drone kamikaze dan rudal ke Israel pada Sabtu 13 April 2024, malam. Itu adalah serangan langsung pertama yang dilakukan Iran ke wilayah Israel. 

Teheran menyatakan serangan tersebut sebagai pembalasan terhadap serangan udara Israel terhadap Konsulat Iran di ibu kota Suriah, Damaskus, pada 1 April 2024 lalu.

Serangan militer zionis kala itu menewaskan tujuh perwira IRGC, termasuk satu jenderal pentingnya.

Israel mengklaim sebanyak 99 persen dari rudal dan drone yang diluncurkan Iran Sabtu malam berhasil ditembak jatuh. Sebagian besar di antaranya dicegat saat masih berada di wilayah udara negara lain. 

Channel 12 Israel melaporkan pesawat tempur AS dan Inggris ikut membantu untuk menembak jatuh beberapa drone Iran yang mengarah ke Israel di wilayah perbatasan Irak-Suriah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: