Mengenal Pneumothorax, Penyakit yang Diidap Idol K-pop Winter Aespa hingga Jalani Operasi

Mengenal Pneumothorax, Penyakit yang Diidap Idol K-pop Winter Aespa hingga Jalani Operasi

Winter AESPA.-Foto: Instagram.com/@imwinter-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Winter aespa dikabarkan sedang dalam masa pemulihan pasca operasi Pneumothorax alias paru-paru kolaps. Kabar ini telah dikonfirmasi oleh agensi Winter aespa, SM Entertainment, pada Jumat, 12 April 2024.

"Karena (Pneumotoraks) adalah kondisi gangguan rentan kambuh, (operasi) dilakukan sebagai tindakan pencegahan sesuai dengan pendapat dokternya, dan keputusan diambil setelah banyak diskusi," kata SM Entertainment.

Belakangan ini Pneumothorax sedang jadi pembicaraan warganet dan sempat jadi trending topic di Twitter, penyakit apa itu? 

Dilansir melalui laman resmi Mayo Clinic, pneumothorax atau pneumotoraks adalah kondisi ketika udara dari paru-paru bocor ke rongga antara paru-paru dan dinding rongga dada.

Kebocoran ini menyebabkan udara menekan paru-paru sehingga paru-paru kolaps. Pneumothorax bisa menyebabkan seluruh paru-paru kolaps, bisa juga hanya sebagian yang kolaps.

BACA JUGA:

Udara tersebut dapat masuk akibat adanya cedera di dada atau robekan di paru-paru. Akibatnya paru-paru jadi mengempis (kolaps) dan tidak bisa mengembang.

Pneumotoraks merupakan penyakit paru-paru yang berbahaya, karena bisa mengancam nyawa bila tidak segera ditangani dengan tepat.

Berdasarkan penyebabnya, kelainan ini dibagi dua yaitu pneumothorax trauma dan pneumothorax nontrauma. Pneumothorax trauma bisa terjadi akibat cedera pada dada. Sedangkan pneumotorax nontrauma bisa terjadi dengan atau tanpa didahului penyakit paru-paru.

pneumotoraks spontan terjadi tanpa cedera. pneumotoraks jenis ini terbagi menjadi dua, pneumotoraks primer dan pneumotoraks sekunder.

Penderita pneumotoraks primer tidak memiliki penyakit yang mendasari terjadinya paru-paru kolaps, sedangkan penderita pneumotoraks sekunder memiliki penyakit paru-paru yang menyebabkan kolaps.

Jenis pneumotoraks selanjutnya adalah pneumotoraks trauma, yaitu yang disebabkan karena cedera, seperti patah tulang atau saat paru-paru tertusuk saat menjalani prosedur medis.

Apa Gejala Pneumothorax?

Gejala utama pneumothorax adalah nyeri dada yang tiba-tiba, dan sesak napas. Keparahan gejala bisa tergantung pada seberapa berat kondisi paru-paru yang kolaps.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: