Cek Kesehatan Mental ke Psikolog Atau Psikiater? Ini Perbedaannya

Cek Kesehatan Mental ke Psikolog Atau Psikiater? Ini Perbedaannya

Cek kesehatan mental ke siapa? berikut ini penjelasan mengenai perbedaan psikolog dan psikiater--Pinterest

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Gangguan kesehatan fisik, gangguan kesehatan mental juga perlu ditangani secara serius. Jika fisik sakit, tentu akan pergi ke dokter umum atau dokter spesialis penyakit tertentu. Namun, jika mengalami gejala gangguan kesehatan mental, Anda dapat pergi konsultasi ke psikolog atau psikiater?

Kedua profesi ini merupakan sama-sama profesional yang menangani masalah kesehatan mental. Selain itu, keduanya juga dapat diandalkan dalam masalah konseling atau memberikan terapi.

Meski begitu, kedua jenis profesi ini memiliki perbedaan cara kerja, baik dalam metode konseling dan juga pemberian diagnosis. 

Apa saja perbedaan psikolog dan psikiater? Yuk, simak penjelasannya.

BACA JUGA:Sudah Sejak Zaman Yunani Kuno, Ini Penyebab Pria dan Wanita Berselingkuh Menurut Psikolog

BACA JUGA:Banyak yang Belum Tahu, Konsultasi ke Psikiater Bisa Pakai BPJS Lho! Begini Prosedur dan Persyaratannya

BACA JUGA:5 Cara Cepat Kaya, Atur Mindset Secara Psikologi Kamu Sekarang!

Perbedaan Psikolog dan Psikiater

Psikolog adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk mengidentifikasi gejala yang berasal dari faktor sosial, budaya, dan lingkungan. Psikolog melakukan pemeriksaan berdasarkan pola pikir yang mempengaruhi kerja otak dan kesehatan emosional. 

Ssedangkan psikiater bisa dikenal juga sebagai dokter spesialis kedokteran jiwa, yaitu bertanggung jawab dengan gangguan mental dengan memberikan diagnosis dan pengobatan. 

Untuk dunia pendidikan, psikolog menempuh pendidikan strata-1 (S1) ilmu psikologi, yang selanjutnya mengambil program magister psikologi profesi agar bisa melakukan praktik dan konseling.

Dengan begitu, saat ingin berkonsultasi ke psikolog, Anda dapat memilih psikolog sesuai dengan keahlian yang mampu menangani masalah dan keluhan Anda. 

Sementara, psikiater adalah seorang dokter yang menempuh pendidikan spesialis kejiwaan selama empat tahun. Ciri khas psikiater memiliki gelar Sp.Kj di belakang namanya.

Diagnosis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: