Sudah Sejak Zaman Yunani Kuno, Ini Penyebab Pria dan Wanita Berselingkuh Menurut Psikolog

Sudah Sejak Zaman Yunani Kuno, Ini Penyebab Pria dan Wanita Berselingkuh Menurut Psikolog

Penyebab perselingkuhan menurut psikolog rentan terjadi di usia 40-50 tahun--Pinterest

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kasus perselingkuhan mungkin sudah tidak asing lagi dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan kasus ini dialami oleh orang terdekat hingga diri kita sendiri.

Perselingkuhan telah menjadi fenomena nyata yang terjadi tidak hanya di Indonesia, namun juga di seluruh dunia.

Bahkan menurut data yang dilaporkan oleh Just Dating pada tahun 2023, Indonesia menempati urutan kedua di Asia dengan kasus perselingkuhan sebanyak 40 persen.

Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan negara Asia lainnya seperti Thailand (35%), Filipina (32%), dan Malaysia (30%).

Dalam survei tersebut juga menyebut bahwa wanita cenderung lebih banyak berselingkuh dibandingkan pria, dengan 45% perempuan Indonesia mengakui perselingkuhan dibandingkan dengan 35% responden pria.

BACA JUGA:5 Hal Yang Bisa Jadi Alasan Selingkuh dengan Rekan Kerja

Perlu diketahui bahwa perselingkuhan tidak baru terjadi di zaman dengan kecanggihan teknologi masa sekarang.

Selingkuh sudah dikenal sejak zaman Yunani dan Romawi kuno, Eropa pra-industri, Jepang kuno, Cina, dan banyak masyarakat lainnya.

Melansir dari laman hellosehat Kementerian Kesehatan menyebutkan dari laporan Psych Central, penelitian yang dilakukan oleh Edward Laumann bersama dengan timnya pada tahun 1994 menemukan bahwa 20 persen wanita dan lebih dari 32 persen pria dengan rentan umur 40 - 50 tahun pernah terlibat dalam hubungan seksual dengan lawan jenis selain dari pasangan nikah mereka.

Sementara itu, dari laporan penelitian Young dan Alexander dalam buku The Chemistry Between Us: Love, Sex and the Science of Attraction melaporkan bahwa sekitar 30 hingga 40 persen kasus perselingkuhan rentan terjadi dalam suatu hubungan pernikahan yang dilakukan oleh wanita dan pria.

Dari dua laporan penelitian ini kita mengetahui bahwa kasus perselingkuhan tidak hanya dilakukan oleh pria namun juga pada wanita.

Tetapi yang kini menjadi pertanyaannya, mengapa banyak orang memilih untuk nekat melakukan perselingkuhan?

BACA JUGA:Dewi Gita Pilih Maafkan Armand Maulana yang Pernah Selingkuh, Ini Alasannya

BACA JUGA:Apa Itu Poliamori? Simak Pengertiannya: Hubungan Unik Mirip Selingkuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: