Jangan Cuman Tahu Tempatnya! Sudah Kenalkah Kamu Jenis-jenis Wisata dan Tujuannya?

Jangan Cuman Tahu Tempatnya! Sudah Kenalkah Kamu Jenis-jenis Wisata dan Tujuannya?

jenis-jenis wisata--

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Di Indonesia ada berbagai jenis tempat wisata yang tentunya sering kita kunjungi.

Tempat wisata itu antara lain : pantai, taman, laut, hutan, pegunungan, pusat perbelanjaan atau mall, tempat bersejarah, museum, sentra kuliner, danau, waduk, situ, kolam renang, alun-alun, pemandian air panas, kebun binatang, air terjun, taman bunga dan buah, dan lain sebagainya. 

Berikut informasi tentang jenis-jenis tempat wisata berdasarkan tujuan wisatanya.

1. Wisata Maritim atau Bahari

Jenis wisata ini banyak dikaitkan dengan kegiatan olah raga di air, lebih–lebih di danau, pantai, teluk, atau laut seperti memancing, berlayar, menyelam sambil melakukan pemotretan, kompetisi berselancar, balapan mendayung, melihat–lihat taman laut dengan pemandangan indah di bawah permukaan air serta berbagai rekreasi perairan yang banyak dilakukan didaerah–daerah atau negara–negara maritim, di Laut Karibia, Hawaii, Tahiti, Fiji dan sebagainya. Di Indonesia banyak tempat dan daerah yang memiliki potensi wisata maritim ini, seperti misalnya Pulau–pulau Seribu di Teluk Jakarta, Danau Toba, pantai Pulau Bali dan pulau–pulau kecil disekitarnya, taman laut di Kepulauan Maluku dan sebagainya. Jenis ini disebut pula wisata tirta. 

BACA JUGA:Taman Nasional Gunung Palung, Pesona Alam Tersembunyi di Kalimantan Barat

 

2. Wisata Budaya

Pariwisata jenis ini sering dijadikan agenda untuk kunjungan dari sekolah-sekolah. Wisata budaya adalah perjalanan yang dilakukan karena keinginan untuk memperluas pandangan hidup seseorang dengan cara mengadakan kunjungan atau peninjauan ke tempat yang mengandung budaya. 

Wisata budaya ini akan mempunyai manfaat dan tujuan seperti melestarikan alam, memajukan kebudayaan, mengangkat citra bangsa dan memupuk rasa cinta tanah air.  Contohnya adalah museum keris, museum angkut dan lain-lain. 

 

3. Wisata Cagar Alam (Taman Konservasi)

Untuk jenis wisata ini biasanya banyak diselenggarakan oleh agen atau biro perjalanan yang mengkhususkan usaha–usaha dengan jalan mengatur wisata ke tempat atau daerah cagar alam, taman lindung, hutan daerah pegunungan dan sebagainya yang kelestariannya dilindungi oleh undang–undang. Wisata cagar alam ini banyak dilakukan oleh para penggemar dan pecinta alam dalam kaitannya dengan kegemaran memotret binatang atau marga satwa serta pepohonan kembang beraneka warna yang memang mendapat perlindungan dari pemerintah dan masyarakat. Wisata ini banyak dikaitkan dengan kegemaran akan keindahan alam, kesegaran hawa udara di pegunungan, keajaiban hidup binatang dan marga satwa yang langka serta tumbuh–tumbuhan yang jarang terdapat di tempat–tempat lain. Di Bali wisata Cagar Alam yang telah berkembang seperti Taman Nasional Bali Barat dan Kebun Raya Eka Karya.

BACA JUGA:Buat Warga Jakarta yang Nggak Sempat Mudik, Rekomendasi Mall di Jakarta Untuk Liburan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: