'Katanya Manjain Lidah', Ini Rekomendasi Kuliner Jawa Timur yang Khas dan Enak

'Katanya Manjain Lidah', Ini Rekomendasi Kuliner Jawa Timur yang Khas dan Enak

Ini dia wisata kuliner dari Jawa Timur yang manjain lidah--

JAKARTA,RADARPENA.DISWAY.ID - Wisata kuliner khas Jawa Timur memang beragam dan berbeda-beda setiap daerahnya. Masakan khas orang Jawa Timur biasanya bercitra rasa pedas, gurih, Asin, dan kaya akan rempah-rempah. Itulah mengapa banyak orang yang rela datang ke Jawa Timur hanya ingin menyantap kuliner khasnya.

Jawa Timur mempunyai banyak sekali makanan khas yang menjadi ikon Nusantara. Ada beberapa yang mungkin belum pernah kamu temui. Kekayaan bumbunya, membuat makanan khas Jawa Timur selalu dirindukan oleh semua orang.

Berikut rekomendasi kuliner Jawa Timur:

1. Sego Tempong

Sego tempong atau nasi tempong asalnya dari Banyuwangi. Dalam bahasa asing, tempong artinya tampar. Nama kuliner makanan khas Jawa Timur ini diberikan karena sambal di nasi tempong yang pedasnya seperti ditampar.

Nasi ini memang terdiri dari sayuran rebus seperti bayam, kubis, kenikir, didampingi lauk, dan dilengkapi sambal. Ada beberapa jenis sambal yang kini diolah untuk nasi tempong, yakni sambal kacang dengan aroma kencur yang kuat serta sambal terasi pedas.Sedangkan, lauknya pun beragam, seperti tahu, tempe goreng, ayam goreng, ikan jambal, dan sebagainya.

BACA JUGA:Sudah Tahu Belum? Apa Saja Daya Tarik Bali Sebagai Destinasi Wisata?

2. Tahu Campur

Tahu campur ini terdiri dari tauge, lontong, mie kuning, tahu goreng, potongan lentho singkong, dan selada. Setelah itu, bahan-bahan itu akan disiram dengan kuah kaldu tetelan sapi yang gurih dan sangat kental. Selain itu, tahu campur juga terdiri dari kikil sapi dan sop daging sapi kenyal. 

Tahu campur akan semakin lezat jika ditambahkan dengan bawang goreng. Selain itu, kerupuk juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kerupuk udang. Namun, sesuai dengan perkembangan zaman, kerupuk udang juga bisa digantikan dengan kerupuk yang lain.

 

3. Lontong Balap

Wisata kuliner khas Jawa Timur yang lainnya adalah lontong balap. Kuliner asli Surabaya ini terdiri dari lontong, tahu goreng, taoge, dan kecap, lalu disiram kuah gurih yang khas.

Lontong balap biasanya disajikan dengan sate kerang dan lentho, yakni gorengan yang terbuat dari kacang tolo. Kalau ingin coba lontong balap legendaris di Surabaya, kamu bisa datang ke kawasan Jalan Kranggan. Kamu akan menemukan penjual lontong balap mulai dari kaki lima hingga tempat makanan permanen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: