Jangan Diabaikan! Ini Berbagai Gejala Stroke Ringan di Usia Muda yang Perlu Diketahui

Jangan Diabaikan! Ini Berbagai Gejala Stroke Ringan di Usia Muda yang Perlu Diketahui

Waspada Gejala Stroke Ringan di Usia Muda, Sering Diabaikan Picu Masalah Lebih Besar--Freepik

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Tidak sedikit yang tahu bahwa sebagian orang pernah mengalami stroke ringan. Hal tersebut sebenarnya adalah pertanda untuk mengalami stroke yang lebih besarnya.

Dari data Asosiasi Jantung Amerika, satu dari lima orang yang mengalami TIA, atau serangan iskemik yang disebut juga sebagai serangan stroke ringan dalam bahasa klinis dalam waktu 90 hari.

Seorang pakar mengingatkan untuk tidak megabaikan TIA, karena meskipun kecil ternyata sama seriusnya dengan stroke yang sesungguhnya.

BACA JUGA:

Meskipun hingga saat ini gejala stroke ringan diklaim bisa hilang dalam waktu 24 jam, Namun kebanyakan kasus bisa berlangsung lebih singkat atau bahkan tidak terlalu lama hanya terjadi berkisar selama 1 jam.

Berikut ini beberapa gejala dan cara menangani stroke ringan dari beberapa ahli yang wajib banaget untuk kalian simak:

1. Masalah Keseimbangan dan kelemahan

Salah satu gejala umum TIA adalah masalah keseimbangan dan kelemahan, biasanya pada satu bagian tubuh, menurut Dr. Hardik Amin, pengajar neurologi dan direktur medis stroke di Yale New Haven Hospital, kepada HuffPost.

2. Pandangan buram

Penderita juga mungkin mengalami gangguan penglihatan pada satu mata atau keduanya, termasuk pandangan ganda atau diplopia.

3. Wajah melorot atau mati rasa

Gejala lain adalah wajah yang melorot atau kehilangan kontrol otot di satu sisi. Pasien juga mungkin mengalami mati rasa sehingga sulit tersenyum dan menggerakkan sebagian mulut.

Gejala ini mirip Bell's palsy, kondisi yang menyebabkan kelumpuhan di sebagian wajah.

3. Lengan lemah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: