Jadwal Buka Puasa Kota Bengkulu dan Sekitarnya Hari Ini Selasa 2 April 2024

Jadwal Buka Puasa Kota Bengkulu dan Sekitarnya Hari Ini Selasa 2 April 2024

Jadwal buka puasa Kota Bengkulu dan Kabupaten di Bengkulu ramadan ke-22 Foto : Rakyat Bengkulu - Disway --

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Jadwal buka puasa untuk Kota Bengkulu Selasa 2 April 2024 atau memasuki hari ke- 22 Ramadan akan segera tiba.

Provinsi Bengkulu merupakan Provinsi yang berada di Pulau Sumatera dan merupakan masyarakat yang cukup agamis.

Setiap bulan Ramadan tiba, Provinsi yang kini dipimpin oleh Gubernur Prof.Dr. Rohidin Mersyah kegiatan ramadannya cukup semarak.

Hal tersebut tidak mengherankan karena berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jumlah penduduk Bengkulu sebanyak 2,03 juta jiwa.

Dari jumlah sebanyak itu, sebanyak 1,99 juta jiwa atau 97,67 persen beragama islam. 

BACA JUGA:

Kegiatan buka bersama, di Provinsi ini sering juga diwarnai dengan acara-acara buka buka bersama, baik dari instansi, perusahaan-perusahaan swasta maupun ikatan-ikatan alumni.

Dilansir dari laman BengkuluKemenag.go.id  waktu berbuka atau Magrib ramadan ke-22 , Selasa  2 April akan jatuh pada pukul 18. 20 WIB, sedangkan waktu salat isya jatuh pada pukul 19.28 WIB.

Setiap daerah di Provinsi Bengkulu yang terdiri dari 1 Kota dan 9 Kabupaten jadwal waktu berbukanya hampir serentak. 

Hanya yang membedakan selisih menitnya saja yang sedikit berbeda.

Contohnya untuk di Kabupaten Bengkulu Tengah sebagai wilayah terdekat dari Kota Bengkulu, waktu berbuka pada ramadan ke -22 ini jatuh pada pukul 18.19 WIB dan waktu salat isya pada pukul 19.27 WIB.

Berdasarkan ilmu geografi, perbedaaan waktu berbuka disetiap daerah terjadi lantaran adanya perbedaan letak geografis. 

Perbedaan akan terlihat lebih mencolok hingga beberapa  menit, seandainya perbandingan mengambil satu Kabupaten yang letaknya cukup jauh dari Kota Bengkulu.

Misalnya untuk  Kabupaten Mukomuko, sebuah Kabupaten yang membutuhkan waktu tempuh hingga 6-7 jam menuju arah Utara dari Pusat Kota dengan menggunakan perjalanan darat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: