Begini Cara Pencegahan DBD dengan Tindakan Fogging atau Pengasapan yang Mampu Berantas Jentik Nyamuk

Begini Cara Pencegahan DBD dengan Tindakan Fogging atau Pengasapan yang Mampu Berantas Jentik Nyamuk

Aktfitas masyarakat bersama aparat keamanan saat melakukan fogging untuk mencegah DBD Foto : Radar Majalengka - Disway --

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Pengasapan atau fogging untuk  memusnahkan jentik nyamuk penyebab Demam Berdarah (DBD) masih menjadi pilihan masyarakat.

Pemilihan tersebut karena cara fogging cukup efektif memberantas nyamuk aedes aegypti penyebab DBD. Biaya fogging juga tidak terlalu mahal, serta aman untuk  dilakukan 

Fogging dilakukan agar jentik nyamuk lenyap, sebagai penyebab menularnya Demam Berdarah.

Di beberapa wilayah Indonesia terutama di Pulau Jawa Bagian Barat, tengah dilanda kasus DBD yang mengalami peningkatan.

Kasus DBD di Indonesia tergolong cukup mengkhawatirkan mengingat data per 1 Maret tercatat hampir 16.000 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di 213 Kabupaten/ Kota di Indonesia.

BACA JUGA:

Mirisnya lagi korban jiwa sudah mencapai 124 orang, dinyatakan meninggal dunia.

Upaya pencegahannya dengan melakukan fogging perlu dilakukan, selain tentunya dengan menjaga kebersihan, terutama musim hujan yang diprediksi masih akan tinggi sampai April ini. 

 Pemrov DKI sebagai Provinsi yang berdekatan dengan wilayah Jawa Barat dan Banten juga menginstruksikan agar fogging dilakukan, seperti pada Senin 25 Maret 2024, ketika Penjabat Gubernur (PJ) DKI Jakarta Heru Budi Hartono  menginstruksikannya  dikutip dari Disway. id.

Saat itu Peningkatan kasus DBD di DKI Jakarta terjadi peningkatan sampai 500 kasus daerah Jakarta Selatan.

Seperti diketahui data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Jakarta selama periode 1 Januari hingga Februari 2024 tercatat sebanyak 627 orang terjangkit kasus DBD. Jumlah ini diprediksi akan naik sampai dengan bulan Mei 2024.

Fogging atau pengasapan adalah sebuah tehnik yang dipakai untuk membunuh para serangga termasuk jentik nyamuk DBD.

Petugas yang terlatih saat melakukan fogging akan memilih waktu yang tepat.

Fogging sebaiknya dilaksanakan pada pukul 07:00 - 10:00 (pagi hari) atau antara pukul 14:00 sampai pukul 17:00 (sore hari) lantaran nyamuk penyebab DBD sedang keluar menularkan virus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: