Jangan Sembarangan Makan, Bahaya Bagi Ibu Hamil Mengonsumsi Kerang Laut, Cek Informasinya Disini!

Jangan Sembarangan Makan, Bahaya Bagi Ibu Hamil Mengonsumsi Kerang Laut, Cek Informasinya Disini!

Bolehkan ibu hamil konsumsi kerang laut?-Foto: Unsplash.com/WikiSleepApp-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Mengkonsumsi kerang pada masa kehamilan memiliki banyak manfaat, karena kerang mempunyai banyak kandungan gizi bagi Bunda dan janin.

Asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh perlu menjadi perhatian para ibu hamil, karena makanan yang dikonsumsi akan memengaruhi bayi yang lahir. 

Dokter menyarankan ibu hamil untuk berhati-hati terhadap makanan yang dikonsumsi selama masa kehamilan, termasuk menghindari makanan yang mengandung zat berbahaya bagi bayi dan memilih makanan sarat nutrisi. 

Tentunya, bagi ibu hamil yang hobi makan makanan laut alias seafood juga perlu lebih memperhatikan apa yang dimakannya.

Kerang menjadi salah satu jenis makanan laut alias seafood yang kerap diinginkan oleh ibu hamil. Nah, bolehkah ibu hamil makan kerang? Simak ulasannya pada artikel dibawah ini!

BACA JUGA:

Menurut situs Poison Control, disebutkan bahwa kerang mentah dapat membawa bakteri dan parasit yang dapat menyebabkan infeksi yang mengancam jiwa pada ibu hamil dan janin di dalam kandungan.

Ada beberapa perbedaan pendapat mengenai boleh tidaknya ibu hamil mengkonsumsi kerang. Sebab sebagian ahli mengatakan ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi kerang, tapi beberapa lainnya mengatakan boleh mengkonsumsi kerang selama kehamilan asal dimasak sampai benar-benar matang. 

Ciri kerang yang sudah benar-benar matang adalah bila cangkangnya terbuka. Sementara jika beberapa ada yang tidak terbuka, maka harus dibuang. Sebab, kerang menggunakan cangkangnya untuk menyaring air guna mendapatkan makanannya, yang artinya cangkangnya mengandung berbagai bakteri dan virus. 

Mengkonsumsi kerang mentah atau setengah matang dapat membuat Anda dan bayi di dalam kandungan terpapar bakteri seperti Vibrio vulnificus. Jenis bakteri yang memiliki bentuk seperti batang dan dapat dengan mudah berkembang biak di air asin. Bakteri ini dapat menyebabkan keracunan makanan dan masalah kesehatan lainnya.

BACA JUGA:

Kapan Waktu Terbaik Konsumsi Kerang Bagi Ibu Hamil?

American College of Obstetricians and Gynecologists juga menganjurkan agar ibu mengonsumsi dua hingga tiga porsi ikan setiap minggu saat sedang hamil atau menyusui.

Namun, pastikan kita menghindari ikan dengan kandungan merkuri yang lebih tinggi. Kerang adalah pilihan makanan laut yang baik, di samping udang, salmon, dan ikan haring. Pasalnya, kerang cenderung rendah merkuri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: