Persiapan Mudik Lebaran, Sudah Cek Ini Belum? Biaya yang Dikeluarkan untuk Service Kaki-kaki Mobil

Persiapan Mudik Lebaran, Sudah Cek Ini Belum?  Biaya yang Dikeluarkan untuk Service Kaki-kaki Mobil

ini kisaran harga dan alasan mengapa kaki-kaki mobil harus diservis--freepik.com

JAKARTA,Radarpena.co.id - Kaki-kaki mobil adalah rangkaian bagian bawah mobil yang tersusun atas ball joint, bearing, bushing, suspensi/shockbreaker, tie rod, velg, peer, dan roda mobil. Semua komponen tersebut tersusun dalam satu rangka mobil, sehingga bisa menopang beban kendaraan dan membuat mobil bisa bergerak maju mundur ataupun berbelok dengan mudah.

BACA JUGA:Baru Belajar Nyetir Mobil? Ini Pentingnya Mengenal Spooring dan Balancing Ketika Servis Rutin

Ciri-Ciri Kaki-Kaki Mobil Rusak

Beberapa ciri-ciri yang mungkin menunjukkan adanya kerusakan pada kaki-kaki mobil adalah sebagai berikut:

1. Suara yang tidak normal

Jika kamu mendengar suara berdecit, berderak, berdengung, atau suara tidak biasa lainnya saat mobil melintasi ketidakrataan jalan, ini mungkin menunjukkan adanya masalah pada kaki-kaki mobil. Suara tersebut dapat menjadi tanda adanya komponen yang aus, longgar, atau rusak.

2. Getaran yang tidak biasa

Jika kamu merasakan getaran yang tidak normal di kemudi, pedal gas, atau kursi saat berkendara, hal ini dapat mengindikasikan adanya masalah pada kaki-kaki mobil. Getaran yang kuat atau tidak wajar dapat menjadi tanda adanya komponen yang aus, keausan ban yang tidak merata, atau masalah pada sistem suspensi.

BACA JUGA:Haval Jolion Siap Saingi HR-V dan Yaris Cross, SUV Mewah dengan Harga Terjangkau

3. Kendali yang tidak responsif

Jika kamu mengalami kesulitan dalam mengendalikan mobil, seperti kesulitan mempertahankan arah kendaraan, atau jika mobil terasa tidak stabil saat berbelok atau saat berkendara dengan kecepatan tinggi. Ini mungkin menunjukkan adanya masalah pada kaki-kaki mobil. Hal ini dapat terjadi jika ada kerusakan pada komponen seperti tie rod, ball joint, atau per.

4. Ketidaksejajaran roda

Ketidaksejajaran roda dapat menyebabkan penurunan traksi, ban aus tidak merata, dan masalah lainnya pada sistem kemudi dan suspensi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: