Baru Belajar Nyetir Mobil? Ini Pentingnya Mengenal Spooring dan Balancing Ketika Servis Rutin

Baru Belajar Nyetir Mobil? Ini Pentingnya Mengenal Spooring dan Balancing Ketika Servis Rutin

pentingnya spooring dan balancing ketika servis mobil--freepik.com

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Spooring dan balancing merupakan salah satu bagian dari servis rutin yang harus dilakukan pada mobil. Tujuannya agar laju mobil tetap lurus. Jika laju mobil dirasa mulai berubah, mungkin saja itu menjadi tanda-tanda bahwa mobil perlu Spooring dan balancing.

Spooring adalah alignment atau proses pada mobil untuk meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal, sesuai dengan settingan pabrik. Biasanya dua roda depanlah yang akan diluruskan dan diatur agar kembali seperti sedia kala.

Sedangkan balancing adalah penyesuaian atau upaya menjaga keseimbang pada titik atas bawah atau kiri kanan roda dengan cara menambahkan timah pada bagian yang kurang. Biasanya ini dilakukan setelah penggantian ban atau velg, dan jika kilometernya sudah mencapai batas untuk balancing.

BACA JUGA:Haval Jolion Siap Saingi HR-V dan Yaris Cross, SUV Mewah dengan Harga Terjangkau

Kamu perlu mengetahui tanda-tanda yang mungkin terjadi pada kendaraan yang membutuhkan spooring dan balancing.

Berikut ini adalah berbagai tandanya

 

1. Setir Bergetar Saat Berkendara

Amati dan rasakan apakah setir bergetar ketika sedang berkendara. Setir yang bergetar menandakan bahwa ada yang tidak beres dengan ban depan mobil Ada. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu kenyamanan kamu dalam berkendara. Untuk itu, ketika kamu merasakan hal ini, maka inilah saat yang tepat untuk melakukan spooring dan balancing pada mobil kamu. 

 

2. Mobil Belok Sendiri Saat Melaju Lurus

Saat kamu sedang melaju lurus, coba rasakan apakah ada pergerakan atau perasaan bahwa mobil kamu berbelok dengan sendirinya. Jika ya, maka ini menandakan bahwa ada permasalahan dengan spooring.

BACA JUGA:Mengenal Adira Finance, Berkomitmen Siap Mendukung Penuh IIMS 2024

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: