Menyimpan Banyak Sejarah, Inilah 7 Masjid Tertua di Indonesia, Cocok Jadi Wisata Religi saat Ramadhan

Menyimpan Banyak Sejarah, Inilah 7 Masjid Tertua di Indonesia, Cocok Jadi Wisata Religi saat Ramadhan

Indonesia memiliki masjid tertua yang menyimpan sejarah khususnya dalam penyebaran ajaran agama Islam di Nusantara.--Pinterest

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Masuknya ajaran agama Islam ke Indonesia yakni pada abad ke-13. Hal ini sudah dibuktikan oleh para sejarah setelah menemukan makam Sultan Malik As-Saleh.

Sebagai informasi, Sultan Malik As-Saleh merupakan pendiri dari Kesultanan Samudera Pasai di Aceh. Ia wafat pada tahun 1297.

Menurut catatan sejarah, ajaran agama Islam di Nusantara telah menyebar secara bertahap melalui aktivitas perdagangan oleh para pedagang Muslim Arab. Mulai saat itu, ajaran agama Islam terus berkembang sampai menjadi agama terbesar di Indonesia. 

BACA JUGA:Salah Satu Pilihan Tepat di Liburan Ramadhan! Masjid Tazkia Islamic Center, Tempat Wisata Religi di Sentul

BACA JUGA:Traveler!, Sempatkan Singgah ke Masjid An-Noor Tangsel, Jadilah Saksi Bukti Keindahannya!

Samkin besar pertumbuhan agama Islam di Nusantara berpengaruh pada pertambahan jumlah Masjid yang ada di berbagai wilayah di Indonesia. 

Akan tetapi banyak Masjid di Indonesia, beberapa diantaranya menyimpan catatan nilai sejarah. Dan hingga saat ini Masjid-Masjid tersebut masih berdiri kokoh.

Maka tidak heran jika beberapa Masjid tersebut layak untuk dijadikan wisata religi, terutama di bulan Ramadhan ini.

Inilah 7 Masjid tertua di Indonesia yang layak dijadikan wisata religi, spesialnya di bulan Ramadhan 2024:

1. Masjid Saka Tunggal

Masjid tertua di Indonesia aadalah Masjid Saka Tunggal. Dimana lokasi Masjid ini di Desa Cikakak, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Masjid ini dibangun pada tahun 1288 oleh Kyai Mustolih, dan catatanya sejarah terpampang jelas di tiang utama Masjid ini. Nampak satu tiang di bagian tengah pada Masjid ini yang menggambarkan hanya Allah SWT satu.

2. Masjid Wapauwe

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: