Salah Satu Pilihan Tepat di Liburan Ramadhan! Masjid Tazkia Islamic Center, Tempat Wisata Religi di Sentul

Salah Satu Pilihan Tepat di Liburan Ramadhan! Masjid Tazkia Islamic Center, Tempat Wisata Religi di Sentul

--

JAKARTA,RADARPENA.DISWAY.ID - Sentul City terus berupaya untuk tidak hanya menjadi kawasan hunian modern, tetapi juga destinasi wisata yang berdaya saing. Di momen Ramadan ini, Sentul City mengoptimalkan sejumlah masjid yang memiliki ciri khas dan kerap menjadi tujuan umat muslim untuk wisata religi.

Salah satunya adalah Masjid Tazkia Islamic Center, yang dulu dikenal sebagai Masjid Andalusia. Masjid yang berdiri pada 2012 itu telah menjadi destinasi spiritual bagi masyarakat umum. Setiap Ramadan dan Lebaran, tempat ibadah itu selalu penuh dengan jemaah dari berbagai kota.

BACA JUGA:Ramalan Shio Selasa 26 Maret 2024: Shio Kelinci Perlu Kerja Kelompok, Shio Tikus Bisa Diandalkan

Masjid megah ini dulunya bernama Masjid Andalusia karena mengambil arsitektur khas Spanyol (dulu sempat disebut Andalusia saat berada di kekuasaan Islam). Masjid Tazkia terletak di Sentul City Bogor. Tepatnya satu halaman dengan kampus Tazkia University.

Masjid Tazkia memiliki 4 menara yang menjulang tinggi. Berdiri di atas lahan seluas satu hektare dengan luas bangunan masjid 1,250 meter. Masjid tersebut mampu menampung jamaah sekitar 2500 orang. Bangunan masjid terdiri atas tiga lantai. Tapi hanya lantai 2 yang digunakan sebagai tempat ibadah. Lantai 1 digunakan sebagai ruang serbaguna dan lantai 3 penginapan untuk jamaah yang datang.

Masjid ini berada di tempat yang jauh dari hiruk-pikuk masyarakat perkotaan. Jamaahnya kebanyakan orang yang transit dan mahasiswa kampus Tazkia. Sebab, berada di jalur tol sehingga jadi favorit transit orang-orang yang hendak ke luar Jakarta. Berada di naungan kampus tapi keuangannya dikelola mandiri, oleh yayasan yang menaungi masjid ini. Jadi, dananya tak hanya berasal dari kampus tapi juga sumbangan masyarakat dan usaha yah dimiliki.

BACA JUGA:Polri Petakan Jalan Rusak dan Rawan Kecelakaan, Persiapkan Mudik Lebaran 2024 Aman dan Nyaman

Berdiri sejak 2012, tapi sudah mampu berkembang pesat sebagai pusat kajian Islam yang modern. Ini terlihat dari masjid yang sudah mampu menggelar pendidikan Islam non formal, memiliki usaha, dan juga mengelola 2 ribuan orang dalam berwirausaha. Masjid Tazkia pernah dinobatkan sebagai masjid ramah anak, ramah remaja. Bahkan ramah disabilitas karena terdapat lift khusus yang bisa digunakan oleh jamaah disabilitas. 

Bila menengok ke belakang, ini menggambarkan kejayaan Islam dan masjid dijaman Nabi Muhammad SAW. Bukan sekedar tempat ibadah, tapi pusat intelektualitas dan finansial umat. Hal ini pula yang menjadi rujukan slogan masjid yaitu “Oase Spritual, Intelektual, dan Finansial Umat”. Dalam mendukung pendidikan Islam dan pengembangan wirausaha.

Selain bangunan utama, disampingnya juga terdapat bangunan lantai yang menjadi minimarket masjid dan tempat pendidikan non formal digelar. Pengurus DKM Masjid Tazkia Hari mengatakan dalam perkembangannya, masjid ini pun terus mengalami peningkatan dan perbaikan hingga akhirnya seperti yang bisa dilihat. Peningkatan yang dialami pun membuat masjid yang berada di Jl. Ir. H. Juanda ini pun disebut sebagai Tazkia Islamic Center.

Dalam masjid ini memiliki fasilitas lengkap bertujuan memberikan kenyamanan kepada jemaah dan masyarakat sekitar. Hal itu lah yang membuat jamaah seringkali datang ke tempat ini, untuk sekedar ibadah dan melihat-lihat ataupun untuk kunjungan belajar ke rumah ibadah.

BACA JUGA:Lebih Meriah, Intip Keunikan Aktivitas di Masjid Agung Al Mujahidin Selam Ramadan 1445 H

Pada bulan Ramadan, masjid ini menggelar kegiatan rutin seperti buka bersama, kultum, pengajian, tarawih dan ibadah bulan Ramadan lainnya.

Selama bulan Ramadan, ada beragam program yang bisa diikuti seperti berbuka puasa bersama, salat tarawih berjamaah, kultum setalah Isya dan Subuh hingga program I’tikaf menjelang 10 hari terakhir Ramadan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: