Lengkap, Syarat hingga Cara Daftar KIP Kuliah Jalur UTBK SNBT 2024

Lengkap, Syarat hingga Cara Daftar KIP Kuliah Jalur UTBK SNBT 2024

Jadwal pendaftaran KIP Kuliah jalur UTBK-SNBT-ilustrasi-Berbagai sumber

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah untuk jalur Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes atau UTBK SNBT 2024 resmi dibuka.

"Jadwal pendaftaran KIP Kuliah jalur UTBK-SNBT 20 Maret - 4 April 2024," demikian yang tertulis di unggahan akun Instagram @puslapdik_dikbud dikutip Minggu 24 Maret 2024.

Untuk diketahui, pendaftaran dan penutupan KIP Kuliah memang biasa dilakukan setiap H-1 pembukaan atau penutupan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru.

BACA JUGA:Lowongan Kerja Perum Bulog 2024: Khusus S1 Hukum, Cek Posisi dan Persyaratannya

Proses seleksi KIP kuliah bersifat kompetitif, sehingga para pendaftar harus memperhatikan dengan baik jadwal-jadwal seleksi masuk pergutuan tinggi, baik yang dibuka secara nasional maupun perguruan tinggi negeri (PTN).

Selain memperhatikan jadwal seleksi masuk PTN, calon pendaftar KIP kuliah pun harus memperhatikan syarat-syaratnya.

Berikut syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh calon penerima KIP Kuliah 2024.

Syarat daftar KIP Kuliah 2024

1. Pendaftar KIP Kuliah merupakan siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid.

BACA JUGA:Kemenag Larang Jamaah Haji Membawa Jimat, Bisa Terkena Pasal Sihir dan Vonis Mati

2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.

3. Siswa mempunyai Kartu KIP atau memiliki Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

4. Telah lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dan diterima di PTN atau PTS pada prodi dengan Akreditasi A atau B. Dimungkinkan pula untuk prodi dengan Akreditasi C dengan pertimbangan tertentu. 

Kriteria lainnya untuk KIP Kuliah adalah siswa difabel, berasal atau tinggal di daerah 3T, Papua dan Papua Barat, serta ada di kondisi khusus karena bencana atau lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: