7 Manfaat Teh Lavender Baik untuk Kesehatan, Salah Satunya Bantu Meredakan Stres

7 Manfaat Teh Lavender Baik untuk Kesehatan, Salah Satunya Bantu Meredakan Stres

Mnafaat teh lavender-Foto: Unsplash.com/SixteenMilesOut-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Tanaman yang memiliki bungan berwarna ungu ini kerap digunakan sebagai minyak aromaterapi yang berfungsi untuk mengurangi stress.

Lavender atau Lavandula angustifolia merupakan tanaman cemara Mediterania. Ia memiliki tunas Lavender yang tumbuh menjadi bunga ungu kecil.

Bunga Lavender memiliki aroma yang manis dan dapat digunakan sebagai pewangi produk skincare dan aromaterapi.

Khasiat tanaman Lavender sendiri berasal dari senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai agen anti peradangan yang bekerja aktif untuk mengurangi rasa sakit. Kandungan linalool dalam tanaman ini juga efektif untuk mengurangi kecemasan.

Bunga Lavender sendiri dapat diolah dan dikonsumsi sebagai minuman teh. Teh lavender yang harum merupakan cara yang bagus untuk melepas lelah dan rileks. Teh lavender dibuat dengan menyeduh tunas lavender dalam air panas. 

Teh lavender sendiri juga telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Tanaman ini juga memiliki banyak manfaat yang potensial.

BACA JUGA:

Lantas, apa saja sih manfaat teh lavender untuk kesehatan? Yuk, simak ulasannya pada artikel dibawah ini.

Manfaat Teh Lavender

Memperbaiki Kualitas Tidur

Manfaat ini menjadi khasiat yang jamak diketahui masyarakat luas. Konsumsi teh bunga lavender dapat memperbaiki kualitas tidur karena lavender meningkatkan produksi dopamine dan menurunkan hormon stres, yakni kortisol. Dopamine merupakan senyawa kimia di dalam otak yang dapat meningkatkan suasana hati sehingga seseorang dapat merasakan sensasi yang menyenangkan.

 

Menstabilkan Mood dan Sistem Saraf

Manfaat teh lavender selanjutnya adalah memperbaiki mood, meredakan gelisah, dan membantu mengatasi depresi. Teh jenis ini mengandung linalool yang dapat menstimulasi aktivitas di bagian otak tertentu. Pada akhirnya, dapat memberikan efek perbaikan mood dan efek menenangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: