Ini 5 Cara Pintar Hemat BBM Selama Mudik Lebaran yang Nggak Bikin Nguras Dompet

Ini 5 Cara Pintar Hemat BBM Selama Mudik Lebaran yang Nggak Bikin Nguras Dompet

Salah satu cara untuk menghemat pengeluaran bahan bakar saat mudik leabaran adalah menghindari oktan rendah dan menggunakan oktan yang tinggi.--Pinterest

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kendaraan pribadi masih jadi pilihan untuk banyak orang menempuh perjalan mudik.

Selain karena tidak merepotkan, mudik naik kendaraan pribadi khususnya mobil jadi lebih menyenangkan bersama dengan keluarga.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Jasa Marga, diprediksi ada sekitar 1,86 juta kendaraan akan meninggalkan jabodetabek lewat tol.

Tidak hanya itu, demi memperlancar perjalanan mudik lebaran, Korlantas Polri telah menerapkan sejumlah rekayasa.

BACA JUGA:

Bayangkan betapa banyaknya kendaraan yang akan berpergian di momen mudik lebaran 2024 dengan mobil. Tentunya hal ini bisa memicu kepadatan, penumpukan, hingga kemacetan di sejumlah ruas jalan.

Jika dalam kondisi normal saja sudah membutuhkan bahan bakar yang banyak, bagaimana dengan kondisi macet yang membuat bahan bakar semakin lebih boros. Tentunya hal ini berakibat biaya bensin yang diluar dari perhitungan awal.

Namun tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat bahan bakar mobil saat mudik lebaran. Hal ini bisa membantu Anda untuk mengamankan uang dari pengeluaran lebih untuk bahan bakar kendaraan.

Cara Pintar Irit BBM Selama Mudik Lebaran

1. Jangan membawa beban yang terlalu berat

Untuk menghindari pengeluaran bahan bakar yang lebih, hindari barang bawaan yang berlebihan. Hal ini dikarenakan beban yang berat pada kendaraan bisa membuat mobil anda butuh tenaga yang lebih.

Tarikan mobil berat akan membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. Utamakan membawa barang bawaan yang penting dan bermanfaat selama perjalanan mudik menuju kampung halaman.

2. Perhatikan tekanan angin ban mobil

Sebelum berkendara, pastikan kondisi tekanan angin ban sesuai standar. Setiap mobil memiliki tekanan angin yang berbeda, terlebih dalam kondisi kosong dan isi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: