Ini 5 Cara Pintar Hemat BBM Selama Mudik Lebaran yang Nggak Bikin Nguras Dompet

Ini 5 Cara Pintar Hemat BBM Selama Mudik Lebaran yang Nggak Bikin Nguras Dompet

Salah satu cara untuk menghemat pengeluaran bahan bakar saat mudik leabaran adalah menghindari oktan rendah dan menggunakan oktan yang tinggi.--Pinterest

Meski terlihat sepele, tetapi tekanan angin pada ban yang sesuai standar yang sudah ditentukan pabrik, bisa berpengaruh pada tenaga kerja mobil yang dibutuhkan.

Tidak hanya itu, dengan tekanan angin yang cukup bisa membuat nyaman penumpang yang ada di dalam mobil. Hindari tekanan angin yang berlebihan ataupun kurang, sebab bisa membahayakan dan membuat penumpang tidak nyaman.

BACA JUGA:Rest Area di Tol Merak Ini Belum Bisa Digunakan saat Mudik Lebaran 2024

3. Pastikan menggunakan Bahan bakar beroktan tinggi

Menggunakan bahan bakar dengan oktan yang tinggi pada kendaraan bisa mendapatkan banyak dampak baik. Selain bisa mengirit bahan bakar, oktan yang tinggi bisa menjaga performa mobil Anda terjaga. Pembakaran yang sempurna membuat kerja mesin lebih optimal, sehingga bahan bakar yang dikeluarkan juga tidak terlalu banyak.

4. Hindari berkendara dengan kecepatan tinggi

Kebanyakan orang memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi agar bisa cepat sampai tujuan. Namun sayangnya tindakan ini membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Tidak hanya menyebabkan boros, berkendara dengan kecepatan tinggi bisa membahayakan diri sendiri dan juga orang lain. Lebih baik berkendara dengan kecepatan yang sesuai peraturannya dan konstan. Hal ini bisa menghemat bahan bakar dan membuat penumpang jadi lebih aman.

5. Kurangi aktivitas membuka jendela

Niat hati ingin menghemat bahan bakar dengan cara mematikan ac dan membuka jendela ternyata adalah cara yang salah. Apabila Anda menempuh perjalanan sambil membuka jendela, hal ini justru membuat beban mobil jadi lebih berat. Karena, kabin mobil dipenuhi dengan udara yang berasal dari luar jendela.

Dampaknya bisa membuat beban pada mobil bertambah sehingga tenaga yang dibutuhkan menjadi lebih besar. Apabila ingin mengurangi beban, Anda bisa mengurangi volume ac sehingga tarikan menjadi lebih enteng dan mengirit bahan bakar. Tetapi diperhatikan juga suhu dalam kabin mobil agar penumpang tidak merasa kepanasan.

Demikian beberapa cara pintar yang bisa diterapkan untuk bisa menghemat bahan bakar selama perjalanan mudik lebaran. Selalu berhati-hati dalam berkendara dan menjaga stamina saat mengemudi, agar bisa selamat sampai tujuan dan merayakan momen lebaran bersama dengan orang terkasih di kampung halaman.

Semoga bermanfaat. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: