Berkhasiat untuk Melawan Sel Kanker, Inilah Beragam Manfaat Kesehatan Dibalik Tanaman Keladi Tikus

Berkhasiat untuk Melawan Sel Kanker, Inilah Beragam Manfaat Kesehatan Dibalik Tanaman Keladi Tikus

Manfaat tanaman keladi tikus.-Foto: Instagram.com/@bungamaisha-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Keladi Tikus merupakan tanaman yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, tanaman ini lebih sering dijadikan sebagai tanaman hias. Keladi Tikus dapat dipercaya untuk mengatasi masalah kesehatan, seperti anti kanker, anti inflamasi, analgesik, dan anti hepatotosik.

Tanaman ini biasanya diolah menjadi suplemen yang bisa dikonsumsi untuk mengobati berbagai kondisi, termasuk masalah pencernaan, masalah kulit, peradangan, hingga stress. Tanaman ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Sementara menurut penelitian Choon (2008), ekstrak keladi tikus mampu mencegah terjadinya kanker hati akibat adanya karsinogen. Begitu juga dari hasil penelitian Mohan, S et al, (2010), kandungan asam linoleatnya dapat menghambat perkembangan sel kanker secara selektif.

Tanaman Keladi tikus sangat mudah ditemui di pulau Jawa. Sifat tumbuhnya berada di tanah lembab dan sedikit paparan sinar matahari. Karena bunganya yang mirip ekor tikus, tanaman ini dinamakan keladi tikus.

BACA JUGA:

Dalam pengobatan tradisional di Tiongkok, tanaman herbal keladi tikus cukup terkenal. Berikut ini, merupakan beragam manfaat kesehatan yang dihasilkan dari tanaman Keladi Tikus.

Meredakan Stres

Stres dapat mengganggu ketenangan pikiran dan hati, bahkan mungkin memiliki dampak yang berbahaya bagi kesehatan. Ketika stres melanda, kamu akan sulit berkonsentrasi, sulit tidur, sehingga akan lebih rentan terhadap penyakit. Untuk mengatasi stres, kamu dapat menggunakan keladi tikus sebagai obat. Ini karena umbi tanaman ini pada dasarnya memiliki manfaat yang sama dengan obat penenang.

 

Mengurangi Gejala Batuk

Keladi tikus bekerja sangat baik untuk menghilangkan batuk. Tak hanya itu saja, keladi tikus juga bisa mengatasi gejala flu, jantung, paru, atau terkait dengan sistem saraf.

 

Sebagai Antibakteri

Seperti yang telah ditetapkan, sifat antikanker, anti-inflamasi, analgesik, dan anti-hepatotoksik dari keladi tikus berkontribusi pada manfaat kesehatannya. Ekstrak daun keladi tikus yang juga terbukti memiliki sifat antibakteri dan antioksidan. Fraksi etil asetat, n-butanol dan air memiliki aktivitas antibakteri terhadap Bacillus subtilis dan Pseudomonas aeruginosa. Aktivitas antibakteri dan antioksidan yang tinggi disinyalir baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: