Ini Bedanya Tuas Transmisi Mobil Matic Lurus dan Zig-zag

Ini Bedanya Tuas Transmisi Mobil Matic Lurus dan Zig-zag

--

2.  Tuas Transmisi Mobil Matic Lurus 

Sementara untuk yang lurus atau vertikal, disebut model straight. Pada tuas transmisi model lurus menawarkan kesederhanaan dalam desain yang lebih klasik dan minimalis.

Dengan hanya perlu menggeser tuas ke posisi yang diinginkan tanpa perlu menavigasi pola zig-zag, pengemudi yang lebih terbiasa dengan transmisi konvensional mungkin lebih nyaman dengan model ini.

Meskipun perbedaan antara tuas transmisi zig-zag dan lurus mungkin tampak subtil, pemahaman akan karakteristik masing-masing model dapat memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan dan efisien.

BACA JUGA:Keren! Fitur Find My Phone Ada di Android 15, Bisa Lacak Ponsel dalam Kondisi Mati

Pertimbangan pemilihan tuas zig-zag dan lurus

1. Kontrol dan Keamanan 

Pada dasarnya, baik model transmisi lurus maupun zig-zag memiliki fungsi yang sama yakni agar mobil tetap pada posisi gigi tertentu. Dari sisi keamanan, model transmisi model zigzag dinilai lebih aman.

Pola zig-zag dapat mencegah pengendara salah memindahkan gigi karena posisi tuas transmisi harus akurat sesuai gigi yang ditentukan. Untuk itu, tuas transmisi zig-zag disebut lebih mudah untuk dikontrol.

Sementara untuk posisi tuas transmisi yang lurus juga terbilang aman, namun cenderung membahayakan.

Bayangkan ketika kondisi cuaca tengah hujan cukup deras dan tanpa sengaja karena tuas transmisi lurus, pengendara malah salah memindahkan gigi. Ini merupakan situasi yang cukup fatal.

Tapi saat ini, beberapa tuas transmisi dengan model lurus sudah dilengkapi dengan sistem kunci yang dapat mencegah terjadinya kesalahan saat pindah gigi. Biasanya tuas transmisi itu tidak akan berpindah begitu saja karena sistemnya akan mengunci.

Sementara di tuas transmisi model zig-zag justru biasanya tidak punya sistem pengunci. Tuas transmisi model lurus juga lebih memudahkan ketika melakukan perpindahan gigi.

2. Biaya 

Seperti diketahui, tuas transmisi model lurus biasanya memiliki tombol yang pengunci untuk menghindari kesalahan perpindahan gigi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: