Keren! Fitur Find My Phone Ada di Android 15, Bisa Lacak Ponsel dalam Kondisi Mati

Keren! Fitur Find My Phone Ada di Android 15, Bisa Lacak Ponsel dalam Kondisi Mati

Ilustrasi ponsel hilang --pexels.com/mohi syed

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Fitur Find My Phone selalu menjadi fitur yang sangat penting bagi pengguna smartphone, terutama bagi mereka yang sering lupa menaruh ponsel di tempat yang aman atau sering kehilangannya. 

Dengan fitur Find My Phone ini, pengguna dapat melacak posisi ponsel mereka jika hilang atau dicuri. Namun, fitur ini biasanya hanya dapat berfungsi jika ponsel dalam keadaan menyala.

Namun, kabar baik bagi pengguna Android 15 yang sebentar lagi akan meluncur, karena fitur Find My Phone telah ditingkatkan dengan kemampuan untuk melacak ponsel dalam keadaan mati. 

Fitur Find My Phone ini tentu saja akan sangat membantu jika ponsel hilang atau dicuri dan dalam keadaan mati. Dengan demikian, pengguna akan tetap bisa melacak posisi ponsel mereka dan mencoba mengembalikan ponsel yang hilang tersebut.

Mengutip situs Gizmochina, Google melangkah maju dengan memperkenalkan solusi baru untuk masalah kehilangan perangkat dengan meluncurkan fitur 'Powered Off Finding' melalui Android 15. 

BACA JUGA:

Fitur ini, yang pertama kali diungkap oleh Android Police, bekerja dengan cara menyimpan jejak Bluetooth sebelumnya di dalam memori pengontrol Bluetooth saat perangkat dimatikan. 

Meskipun konsepnya menarik, fitur ini masih menghadapi kendala karena membutuhkan perangkat keras tambahan agar pengontrol Bluetooth dapat berfungsi ketika perangkat benar-benar dimatikan. 

Dengan demikian, mungkin perlu menyediakan cadangan baterai agar fitur ini dapat beroperasi secara optimal. 

Awalnya, rumor menunjukkan bahwa fitur ini akan diperkenalkan pada peluncuran Pixel 9, tetapi kabar terbaru menyebutkan bahwa fitur ini juga mungkin hadir pada perangkat Pixel 8 melalui pembaruan sistem operasi ke Android 15. 

Selain memenuhi persyaratan perangkat keras, pengembangan Bluetooth Finder HAL (Hardware abstraction layer) juga membutuhkan upaya rekayasa sosial perangkat lunak yang signifikan. 

Dalam konteks ini, pengguna perlu memastikan bahwa perangkat mereka telah diperbarui ke Android 15 dan memiliki sistem "Find My Device" dari Google versi terbaru. 

BACA JUGA:

Meskipun belum pasti apakah fitur ini akan tersedia di ponsel merek lain, bagi pengguna ponsel Pixel, diperkirakan fitur ini tidak akan hadir di seri-seri lama seperti Pixel 7 dan Pixel 6.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: