7 Manfaat Kopi Hitam untuk Kesehatan, Salah Satunya Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

7 Manfaat Kopi Hitam untuk Kesehatan, Salah Satunya Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Manfaat kopi untuk kesehatan tubuh .-Foto: Unsplash.com/JankoFerlic-

 

Melindungi Jantung

Kopi dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit jantung, termasuk penyakit jantung koroner dan strok.

 

Meningkatkan Energi

Kopi bisa meningkatkan energi seseorang. Oleh karena itu, banyak orang yang menyeduh kopi di pagi hari. Hal ini karena kopi mengandung stimulan yang disebut kafein, zat psikoaktif yang paling umum dikonsumsi di dunia. Jadi, jangan ragu untuk minum kopi di pagi hari agar bisa memulai aktivitas dengan semangat.

 

Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Dikutip dari Mayo Clinic menyatakan bahwa terdapat beberapa studi yang membuktikan bahwa dengan minum kopi, baik yang mengandung kafein atau tidak, bisa menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Namun, jika Anda sudah mengidap diabetes, kafein pada kopi beresiko mempengaruhi kadar gula darah, entah menjadi lebih tinggi atau lebih rendah.

 

Meningkatkan Mood dan Menurunkan Depresi

Kafein mampu meningkatkan suasana hati atau mood. Suasana hati yang baik ini pada akhirnya akan membantu penurunan depresi. Bahkan, ada sebuah riset yang menemukan bahwa kopi membantu mencegah risiko bunuh diri. Dikutip dari The Healthy, studi pada 2013 oleh Harvard School of Public Health menemukan mereka yang minum 2-3 cangkir kopi berkafein sehari mengurangi risiko bunuh diri hingga 45%. Selain itu, beberapa penelitian menemukan bahwa manfaat minum kopi dapat dikaitkan dengan risiko depresi yang lebih rendah. Para peneliti menemukan bahwa minum kopi dapat memberi emosi positif, termasuk kesenangan, kebaikan, kasih sayang, kepuasan, persahabatan, dan ketenangan. Temuan ini juga mencatat bahwa tidak ada emosi negatif yang muncul karena konsumsi kopi.

Demikianlah, ulasan artikel diatas terkait manfaat kopi hitam untuk kesehatan tubuh. Semoga brmanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: