10 Manfaat Senam Yoga yang Perlu Diketahui, Salah Satunya Baik untuk Jantung dan Paru-Paru

10 Manfaat Senam Yoga yang Perlu Diketahui, Salah Satunya Baik untuk Jantung dan Paru-Paru

Ilustrasi olahraga yoga.-Foto: Unsplash.com/DylanGillis-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Yoga merupakan olahraga yang salah satu aktivitas menyehatkan yang ditujukan bagi segala kalangan usia, mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga lansia.

Bahkan manfaat yoga bisa dirasakan baik secara fisik maupun mental, seperti menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, mengatasi stres, depresi, hingga gangguan cemas.

Yoga sendiri adalah jenis olahraga yang berasal dari negara India. Aktivitas olah tubuh dan pikiran ini sudah dikenal sejak ribuan tahun silam. Tujuan utama dari yoga sebenarnya jauh dari olahraga. 

Yakni merilis kekuatan spiritual dan mental dari seseorang. Meski demikian, yoga kini sudah sangat populer sebagai olahraga yang dapat melawan stres dan kecemasan yang kerap melanda masyarakat modern.

BACA JUGA:

Berlatih yoga secara rutin dapat mengubah suasana hati, pikiran serta menjaga kesehatan fisik dan mental. Berikut, manfaat olahraga yoga bagi tubuh yang wajib diketahui.

Menjaga Kesehatan Jantung dan Paru-Paru

Orang yang rutin melakukan yoga selama bertahun-tahun diketahui memiliki tekanan darah dan denyut nadi lebih rendah (dalam batas normal) daripada orang yang tidak melakukan yoga. Sebagaimana yang diketahui, tekanan darah tinggi merupakan salah satu pemicu penyakit jantung. Artinya, jika tekanan darah dalam tubuh stabil, maka risiko penyakit jantung pun bisa dikurangi. Selain jantung, manfaat yoga juga berkaitan dengan kesehatan paru-paru. Yoga memiliki teknik pernapasan khusus (pranayama) yang apabila dilakukan secara rutin akan meningkatkan fungsi vital paru-paru sehingga dapat melancarkan sistem pernapasan.

 

Mengurangi Stress

Ketika tubuh dalam keadaan stres, tubuh akan merilis hormon bernama kortisol, yang membuat seseorang seakan-akan sadar bahwa ia berada dalam situasi yang kurang menguntungkan. Alhasil, hormon ini dapat mengganggu fungsi tubuh dalam jangka panjang. Dengan yoga, tingkat stres dapat direduksi, sehingga produksi kortisol berkurang dan membuat jiwa jadi lebih tenang. Selain itu, yoga dapat menenangkan pikiran dan membuat tubuh lebih rileks, serta memberikan bantuan fisik dan stres emosional yang dibutuhkan tubuh sepanjang masa-masa kehamilan.

 

Meningkatkan Kualitas Tidur

Bagi mereka yang mengalami masalah tidur atau insomnia, yoga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Latihan yoga yang teratur sebelum tidur membantu menenangkan sistem saraf dan merangsang produksi hormon yang mengatur tidur. Dengan tidur yang lebih nyenyak, tubuh kita dapat pulih dan memulihkan diri dengan lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: